banner 728x250

Bagaimana Cara Biar Terhindar Dari Penipuan Saat Terima Transfer Duit

  • Share
banner 468x60

Transaksi perdagangan menjadi lebih gampang dengan adanya layanan transfer antar bank terlebih ketika ini tersedia opsi transfer yang mampu dilaksanakan melalui internet banking, sms banking, atau aplikasi mobile banking.

Dalam kemudahannya bertransaksi ternyata ada saja pihak atau orang yang bermaksud jahat untuk membohongi. Alih-alih hati kita senang alasannya akan mendapatkan transfer uang dari orang atau pembeli, ujung-ujungnya malah kena tipu. Uang yang ada di rekening malahan berpindah tangan ke rekening si penipu.

banner 336x280

Cara terhindar dari penipuan

Dalam mendapatkan transfer dana, kita harus waspada dan jangan lengah. Ada beberapa poin yang perlu kita amati

1. Jangan mau bila diarahkan menuju ke ATM

Salah satu cara penipu menerima duit anda ialah meminta anda untuk datang menuju ke mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Di sana anda sambil tetap berkomunikasi dengan penipu akan diarahkan untuk menekan tombol-tombol yang ada di mesin ATM dengan dalih itu ialah proses supaya uang dapat masuk ke rekening anda di mana bahu-membahu hal itu yaitu modus penipu memperdaya anda untuk mempesona uang dari saldo di ATM anda.

Transaksi jual beli menjadi lebih mudah dengan adanya layanan transfer antar bank terlebih Bagaimana Cara Agar Terhindar Dari Penipuan Saat Terima Transfer Uang
Tips bagaimana cara biar terhindar dari penipuan saat terima transfer dana atau duit

2. Jangan beri isyarat OTP yang masuk ke hp anda

Kode OTP atau One Time Password yakni aba-aba verifikasi yang lazimnya hanya berlaku beberapa menit. Kode OTP biasanya berisikan 6 digit abjad, angka atau perpaduannya yang diantarkan ke SMS, chat Whastapp, atau e-mail dari tata cara penyuplailayanan misalnya dari bank, dari toko online, dan sebagainya.

Penipu yang bermaksud mengambil uang anda akan meminta isyarat yang masuk ke handphone anda. Jika anda memberikan instruksi OTP ke penipu maka si penipu akan mendapatkan akses dari kode OTP tersebut untuk berbelanja online, mengambil duit anda, mentransfer uang anda ke akun lain atau ke rekening lain dan mampu melaksanakan aktifitas lain yang merugikan anda.

Baca juga:  Klarifikasi Lima Pengalaman Berguru Pokok, Memperhatikan, Menanya, Menghimpun Berita, Mengasosiasi, Dan Mengkomunikasikan

Jangan berikan isyarat OTP yang masuk ke HP anda walau orang tersebut mengaku dari bank, perusahaan, atau forum yang lain. Penipu bisa mengaku selaku apa saja. Penipu tidak menghiraukan berapa saldo anda apakah sedikit atau banyak. Selama penipu tersebut dapat menguras saldo anda, mereka akan melakukannya.

3. Jangan pribadi percaya ada keunggulan transfer

Penipu bisa juga mengatakan ada kelebihan transfer uang ke rekening anda. Di sini anda perlu berhati-hati dan jangan pribadi mentransfer balik duit kelebihannya pada orang tersebut walau orang tersebut memberikan bukti transfer baik berbentukfoto struk ATM, bukti setoran teller bank, capture screenshot transaksi mobile banking, sms banking atau internet banking alasannya bukti-bukti tersebut mampu diedit atau dimanipulasi oleh penipu dan seperti itu yakni bukti orisinil dan resmi dari bank.

Jika anda langsung yakin ada orang kelebihan transfer pada anda tanpa anda memeriksa saldo rekening anda terlebih dulu kemudian anda langsung mentransfer kelebihan duit pada orang tersebut, maka anda akan tertipu. 

4. Fokus saja ke rekening anda

Jika ada orang atau customer yang mengatakan telah mentransfer duit pada anda, yang perlu anda lakukan hanyalah memeriksa uang atau dana tersebut apakah telah masuk atau belum ke rekening anda dengan cara mengecek jumah saldonya telah bertambah atau belum.

Kesimpulan

Siapa yang tidak senang dikala ada seseorang mentransfer uang pada kita. Jika anda seorang pedagang , demi pelayanan yang baik, anda selaku penjual pasti akan sesegera mungkin merespon cepat chat yang masuk dari customer apalagi customer menyampaikan bahwa dirinya telah mentranfer sejumah uang ke rekening anda.

Di sinilah penipu mempergunakan perasaan bahagia saat menerima duit. Saat senang menerima duit dan demi pelayanan pada customer, penipu dengan gampang memandu dan menghipnotis calon korban dengan perkataannya.

Baca juga:  Alasan Cowo Tidak Setia Mendua Dan Tidak Cukup Dengan Satu Cinta

Kuncinya, tetaplah tenang dan waspada. Jangan ikuti ajakan atau desakan penipu untuk tiba ke ATM atau undangan untuk mengikuti langkah demi langkah yang berikan oleh penipu. Sekali lagi, anda cukup mengawasi bertambahnya saldo di rekening anda. Itu saja.

Demikian tips atau cara bagaimana supaya terhindar dari penipuan dikala menerima pembayaran transfer dana atau uang yang masuk ke rekening atau saldo bank. Semoga berguna dan jangan lupa dishare ya

Foto oleh sebastiaan stam dan Juan Pablo Serrano Arenas dari Pexels.com

banner 336x280
banner 120x600
  • Share