Baden Powell (Bapak Pandu Dunia)

Diposting pada
Nama lengkapnya Lord Boden Powell of Gilwell. Pada tanggal 20 Juli 1907  Boden Powell of Gilwell
menyelenggarakan perkemahan di Brown Sea Island yang diikuti oleh 20 anak pria yang terbagi dalam 4 regu berlangsung selama 8 hari. Kegiatan ini disebut sebagai cikal bakal lahirnya pendidikan kepanduan yang lalu menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia

Pada tanggal 3 Desember 1934 Lord Baden Powell of Gilwell dan Lady Boden Powel  mengunjungi Indonesia sepulangnya dari Jambore di Australia. Kunjungan tersebut juga dalam rangka keliling melihat perkembangan organisasi kepanduan di beberapa negara. Boden Powell sangat puas dengan  perkembangan kepanduan di Indonesia yang dikala itu masih dijajah Belanda. Kunjungan Boden Powell diatur sepenuhnya oleh NIPV (Nederland Indiche Padvinderij). Organisasi-organisasi Pandu Nasional yang ingin berpartisipasi dalam penyambutan tidak diijinkan ikut serta. Peristiwa ini menjadikan ketegangan antara kelompok Padvinderij Belanda dan Kelompok Pandu Nasional.

Lord Baden Powell diberi gelar Bapak Pandu Dunia atas wangsit dan prakarsanya melahirkan gerakan pendidikan kepanduan untuk anak muda yang diakui oleh dunia Internasional. Beberapa pandangan Baden Powell terhadap pendidikan kepanduan, antara lain :

“… maksud saya melatih kaum muda dengan cara Kepramukaan yakni untuk menjadikan mereka sebagai insan waras untuk hidup dalam dunia yang edan ….”

“… dedikasi bukanlah sekedar pelajaran teori, melainkan pengembangan dua aspek yang terpisah ialah
menanamkan jiwa kebajikan dan pengamalan dalam praktek …”

“… mengajarkan dedikasi yang efektif yakni dengan pola … Pengabdian masyarakat merupakan awal yang terbaik training simpel menyebarkan kesadaran kepeduliaan terhadap masyarakat, patriotisme dan kerelaan berkorban ….”

(BP’s Outlokk on Scouting 1936, dalam Buku 40 tahun Gerakan Pramuka, Kwarnas, 2001).

Nama lengkapnya Lord Boden Powell of Gilwell Baden Powell (Bapak Pandu Dunia) Print this page