banner 728x250

Asteroid Bennu mungkin menabrak Bumi pada 2182

  • Share
Asteroid Bennu
banner 468x60

Ditemukan pada tahun 1999, Asteroid Bennu yang dekat dengan bumi diyakini sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya. Sejak penemuannya, Asteroid telah dilacak secara ekstensif dengan beberapa pengamatan astrometri optik berbasis darat.

Sekarang menggunakan data dari pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx, para ilmuwan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pergerakan ini asteroid dekat bumi hingga tahun 2300. Studi ini, yang paling penting, mengurangi ketidakpastian terkait orbitnya di masa depan. Hal ini juga meningkatkan kemampuan ilmuwan untuk menentukan probabilitas dampak total dan memprediksi orbit asteroid lain.

banner 336x280

Kelly Fast, manajer program untuk Program Observasi Objek Dekat Bumi di Markas Besar NASA di Washington, mengatakan , Misi Pertahanan Planet NASA adalah untuk menemukan dan memantau asteroid dan komet yang dapat mendekati Bumi dan mungkin menimbulkan bahaya bagi planet kita. Kami melakukan upaya ini melalui survei astronomi berkelanjutan yang mengumpulkan data untuk menemukan objek yang sebelumnya tidak diketahui dan menyempurnakan model orbit kami untuk objek tersebut. Misi OSIRIS-REx telah memberikan kesempatan luar biasa untuk menyempurnakan dan menguji model-model ini, membantu kami memprediksi dengan lebih baik di mana Bennu akan berada saat mendekati Bumi lebih dari satu abad dari sekarang.”

Asteroid akan mendekati Bumi pada tahun 2135. Namun, itu tidak akan terjadi. tidak berbahaya pada saat itu. Selama pendekatan, para ilmuwan perlu memahami lintasan Bennu yang tepat. Ini membantu mereka memperkirakan bagaimana gravitasi Bumi akan mengubah jalur Asteroid di sekitar Matahari – dan memengaruhi bahaya dampak Bumi.

Sekarang, dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menggunakan Jaringan Luar Angkasa NASA dan memajukan model komputer untuk mengecilkan ketidakpastian di orbit Bennu. Mereka menentukan probabilitas tumbukan totalnya sepanjang tahun 2300. Mereka hanya menemukan sedikit peluang asteroid Bennu menabrak Bumi – sekitar 1 banding 1.750 (atau 0,057%).

Baca juga:  Air Dalam Kemasan Ini 3.500 Kali Lebih Buruk Daripada Air Keran

Ilmuwan juga mengidentifikasi tanggal tunggal potensi dampak- 24 September 2182, dengan probabilitas dampak 1 dalam 2.700 (atau sekitar 0,037%).

Pemimpin studi Davide Farnocchia dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi ( CNEOS) berkata, “Data OSIRIS-REx memberi kami informasi yang jauh lebih tepat, kami dapat menguji batas model kami dan menghitung lintasan Bennu di masa depan dengan tingkat kepastian yang sangat tinggi melalui 2135. Kami belum pernah memodelkan lintasan asteroid dengan presisi ini sebelumnya.”

Untuk memperkirakan di mana Asteroid akan berada selama pendekatan dekat 2135 dan apakah mungkin melewati lubang kunci gravitasi, para ilmuwan mengevaluasi beberapa jenis gaya kecil yang dapat mempengaruhi Asteroid. Mereka menemukan bahwa bahkan gaya kecil dapat secara signifikan membelokkan jalur orbitnya dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menyebabkan Asteroid melewati atau benar-benar melewatkan lubang kunci.

Para ilmuwan mempertimbangkan beberapa kekuatan, termasuk gravitasi Matahari, planet-planet, bulannya, dan lebih dari 300 asteroid lainnya, hambatan yang disebabkan oleh debu antarplanet, tekanan angin matahari, dan peristiwa pelepasan partikel Bennu. Mereka kemudian mengevaluasi kekuatan yang diberikan OSIRIS-REx saat melakukan acara pengumpulan sampel Touch-And-Go (TAG) pada 20 Oktober 2020, untuk melihat apakah itu mungkin sedikit mengubah orbit Bennu. Evaluasi mereka mengkonfirmasi perkiraan sebelumnya bahwa peristiwa TAG memiliki efek yang dapat diabaikan.

Rich Burns, manajer proyek OSIRIS-REx di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, say, “Gaya yang diberikan pada permukaan Bennu selama peristiwa TAG sangat kecil bahkan dibandingkan dengan efek-efek kecil lainnya. kekuatan yang dipertimbangkan. TAG tidak mengubah kemungkinan Bennu berdampak pada Bumi.”

Referensi Jurnal:

Davide Farnocchia, Steven R. Chesley dkk. Penilaian ephemeris dan bahaya untuk Asteroid dekat Bumi (101955) Bennu berdasarkan data OSIRIS-REx. DOI: 10.1016/j.icarus.2021.114594

Baca juga:  Cara Menghapus Akun Facebook Permanen dan Sementara - Teknologi - lagikepo.com - LAGIKEPO

 

Baca selengkapnya

banner 336x280
banner 120x600
  • Share