Arti ‘Walillahilham’ Dalam Bacaan Takbir Lebaran

Diposting pada
Menjelang final bulan puasa, suasana pasar, toko baju, dan jalan raya semakin ramai. Sementara masjid, semakin sepi. Mungkin ini terjadi di seluruh Indonesia. Mungkin.

Namun, di final bulan Ramadan, masjid niscaya kembali semarak. Setelah Pemerintah menetapkan 1 Syawal, niscaya masjid riuh rendah dengan bacaan takbir;

Masjid Arrohmatul Magfuroh di Dusun Mangaran Sukamakmur
Tempat yang selalu dijadikan Start dan Finish Takbir Keliling

Allahuakbar
Allahuakbar
Allahuakbar
Laa ilaha illa Allahu Wallahu Akbar
Allahuakbar Walillahilham

Tulisan takbir di atas merupakan transliterasi dari kalimat dalam bahasa Arab berikut ini:

اللهُ اكْبر
الله اكبر
الله اكبر
لا اله الله والله اكبر
الله اكبر ولله الحمد

Jadi, bila ditulis lengkap walillahilham bacaan yang benar ialah walillahilhamdu berasal dari kata wa, allah, dan alhamdu. Dibaca walillahilhamd (bukan walillahilhamdu) sebab ada di final kalimat dan dibaca wakaf (berhenti). Maka dari itu, ada sebagian orang yang membaca walillahilhamdu menjadi walillahilhamed.

Jadi, bacaan di atas ialah bacaan minimal kalimat takbir yang biasa dibaca dikala malam takbir menjelang hari raya, baik hari raya idulfitri maupun hari raya iduladha.

Arti Walillahilhamdu

Seperti telah dijelaskan di atas, kata walillahilhamdu berasal dari tiga kata. Maka untuk memudahkan memahami artinya maka perlu dijelaskan artinya satu persatu.

Wa (و) artinya ‘dan’, merupakan kata hubung dalam bahasa Arab.

lillahi (لله) artinya ‘kepada/untuk Allah’. Lafal Arab di samping tidak dibaca ‘allah’  karena tidak ada alif di awal. Langsung aksara lam.

alhamdu (الحمد) artinya segala puji. Karena dibaca serangkai dengan lillahi maka pengucapan alhamdu menyesuaikan, al di depan melesap (luluh) dirangkai pribadi dengan harakat aksara hi sehingga menjadi hilhamdu

Jadi, bila dirangkian arti walillahilhamdu adalah: dan bagi Allahlah segala bentuk pujian.


Dengan memahami dan mengerti arti bacaan takbir, biar kita semua semakin khusuk dan percaya diri dalam membaca takbir di malam takbir menjelang hari raya. Tidak hanya mengandalkan kaset-kaset yang diputar keras-keras di masjid dana jalan-jalan. Tetapi biar kita sanggup memperbanyak bacaan takbir yang berasal dari hati sembari mengagungkan dewa dan bersyukur atas segala nikmatnya.

Demikian klarifikasi arti dan makna walillahilhamdu yang tedapat dalam bacaan takbir.

Mari bertakbir!

Allahuakbar
Allahuakbar
Allahuakbar

Laa ilaaha Illa Allahu
Wallahuakbar

Allahuakbar Walillahilhamdu

Allahuakbar
Allahuakbar
Allahuakbar

Laa ilaaha Illa Allahu
Wallahuakbar

Allahuakbar Walillahilhamdu

Allahuakbar
Allahuakbar
Allahuakbar

Laa ilaaha Illa Allahu
Wallahuakbar

Allahuakbar Walillahilhamdu