Arti ‘Tanggung Jawab’ | Penulisan Dan Aplikasi Arti Dalam Masyarakat

Diposting pada
Tanggung Jawab yaitu satu istilah yang akar katanya terdiri dari kata tanggung dan kata jawab. Tetapi dalam memaknai arti kata tersebut tidak sanggup dipisah satu persatu. Kaprikornus tidak sanggup dimaknai tanggung artinya menanggulangai atau mengambil alih, sementara kata jawab adalah menuntaskan pertanyaan atau memperlihatkan balasan atas sebuah pertanyaan. Tidak bisa.

Tanggung Jawab adalah sebuah idiom yang mempunyai arti 1) keadaan wajib menaggung (mengambil alih) segala sesuatunya jikalau terjadi apa-apa sehingga boleh dituntut, dipesalahkan, dan diperkarakan. Dalam bidang aturan arti tanggung jawab yaitu fungsi meneima pembebanan, sebagai akhir dari perilaku pihak sendiri atau pihak lain.


Penulisan Tanggung Jawab yang benar

Kata tanggung jawab adalah satu istilah tersendiri yang memliki arti sendiri. Maka dikala menerima imbuhana gabung alias konfiks alias awalan dan akhiran sekaligus, maka penulisan tanggung jawab tanpa spasi dan harus digabung.

Misalnya menerima imbuhn per- -an ditulis pertanggungjawaban atau pertanggung-jawaban tidak boleh ditulis pertanggung jawaban*.

Namun, jikalau imbuhan yang menempel hanya awalan saja alias prefiks, maka penulisannya tetap dipisah. Misalnya menerima imbuhan peN- maka ditulis  penanggung jawab. Tidak boleh digabung penanggungjawab*. Penulisan yang digabung justru salah.

Melihat dari pola penulisannya, maka istilah LPJ yang merujuk pada Laporan Pertanggungjawaban tidak sempurna jikalau ditulis dengan aksara kapital semua. Maka penulisan yang benar menurut kaidah aksara kapitalnya maka yang benar yaitu LPj. L dan P besar sementara j aksara kecil. Hal ini berlaku juga dalam pola penulisan SPJ, seharusnya ditulis SPj.

Misalnya singkatan-singkatan tersebut menerima imbuhan atau akhiran atau sufiks -kan maka penulisan yang sempurna yaitu di-LPj-kan atau di-SPj-kan.

Arti Bentuk Turunan kata tanggung jawab

bertanggung jawab artinya 1) berkewajiban untuk menanggung, atu memikul tanggung jawab; 2) menanggung segala sesuatu pada yang tertentu.

menanggungjawabi artinya sama dengan ‘mempertanggungjawabkan’.

penanggung jawab artinya orang yang behak untuk bertanggung jawab.

pertanggungjawaban artinya 1) perbuatan atas hal dan sebagainya untuk bertanggung jawab; 2) segala sesuatu yang dipertanggungjawabkan.

mempertanggungjawabkan artinya memperlihatkan jawab dan menaggung segala akhir jikalau ada penyalahgunaan; memperlihatkan pertanggungjawaban.

Arti Tanggung Jawab dalam Pemahaman Masyarakat

Arti tanggung jawab yang ditulis di atas menurut arti yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jika tidak percaya silahkan cari dan baca sendiri di dalam kamus. Sementara dalam masyarakat arti kata tanggung jawab semakin melebar, meluas, dan berkembang.

Misalnya ada ‘guyonan’ tanggung jawab itu bukan berarti aku yang tanggung dan kau yang jawab. Jelas ini pengartian yang tidak sesuai dengan kamus sebab kata tanggung jawab tidak boleh dipisah.

Arti tanggung jawab selanjutnya yaitu menikahi.

Misalnya ada masalah seorang wanita hamil sebelum menikah, maka lelaki yang menikahi wanita tersebut disebut lelaki yang betanggung jawab. Sementara jikalau lelaki yang menghamili tidak mau menikahi, maka lelaki tersebut disebut tidak tanggung jawab.

Arti tanggung jawab selanjutnya yaitu laporan dan dilaporkan 

Ketika orang yang bertugas sebagai bendara sebuah lembaga, dikala beliau menyampaikan “pengeluaran dini tidak sanggup dipertanggungjawabkan” artinya pengeluaran tersebut tidak sanggup ditulis dalam laporan. 

Masing galau memahami arti tanggung jawab. Saya yakin kebingunan anda jauh lebih ringan dibandingkan dengan kebingunan seorang bendahara aktivitas yang harus menyelesaikan LPj dan SPj dulu padahal uangnya belum dicairkan sama sekali. Hehehehe.