Arti Nama ‘Wiro Sableng’ Dan Klarifikasi Asal-Usulnya

Diposting pada
Wiro Sableng ialah dongeng superhero yang ada di Indonesia. Sekaligus menjadi  nama tokoh utama dalam dongeng tersebut. Wiro, begitu nama panggilannya dari nama lengkap Wiro Sableng. Dia mempunyai guru yang juga sakti berjulukan Sinto Gendeng.

Artikel ini tidak sedang membahas dongeng Wiro Sableng malainkan membahas wacana arti nama wiro sableng. 

Wiro Sableng punya senjata Kapak 212



Wiro ialah pelafalan dalam bahasa Jawa. Dalam bahasa Indonesia dilafalkan Wira. Berasal dari kata prawira (bahasa Jawa dilafalkan prawiro). Kata ini berasal dari bahasa sanskerta yang diserap ke dalam Bahasa Indonesia dengan adopsi dan pembiasaan pelafalan menjadi perwira. 

Dalam Bahasa Indonesia, wira mempunyai dua arti yaitu: 1) kata benda alias nomina yang berarti pahlawan; laki-laki. Makna yang kedua, kata wira sebagai adverbia 2) bersifat jantan (pemberani); perwira.

Selain menyerap kata wira, Bahasa Indonesia juga menyerap kata perwira. Pada halaman 1063 KBBI terdapat klarifikasi kata perwira. Kata perwira sekarang mengacu pada kepangkatan dalam dunia militer dan kepolisian.

Arti perwira dalam dunia militer ialah anggota tentara yang pangkatnya letnan ke atas.

Sementara, kata perwira dalam arti klasik mempunyai dua arti yaitu gagah, berani. Arti yang kedua yaitu menjadi nomina yang berarti pahlawan.

Jadi, kata wiro sama dengan wira artinya pahlawan. Ternyata seolah-olah juga dengan bahasa Inggris wiro = hero.

Kata wira yang menempel dengan kata lain yang membentuk kata gres sanggup dimaknai mandiri dan menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri. Misalnya kata wira dalam wirausaha dan wiraswasta.

Lain lagi kalau wira dirangkai menjadi bentuk dasar yang seolah-olah kata ulang wira-wiri. Ini sama sekali lain dengan kata dasar wira. Artinya wira-wiri adalah bolak-balik berkaitan dengan perjalanan atau sama dengan lalu lalang. 

Kemudian, kata Wiro yang dirangkai dengan kata sableng berati pahlawan atau pendekar atau jawara  yang kegila-gilaan. Untuk arti legkap kata Sableng silakan DI SINI.

Wiro Sableng sanggup diterjemahnya sebagai Pendekar Gila dia mempunyai Kapak Sakti yang berjulukan lengkap Kapak Sakti Nogogeni 212.