Arti Nama ‘La Nyalla’

Diposting pada

Arti Nama ‘La Nyalla’

Nama La Nyalla Mataliti kembali menghiasi pemberitaan. Tokoh yang menjabat sebagai ketua PSSI ini merupakan salah satu tokoh di Jawa Timur. Pernah menjabat sebagai ketua MPW (Majelis Pimpinan Wilayah) Pemuda Pancasila Jawa Timur. Sekaligus ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Jawa Timur.
Namanya mulai menjadi sorotan saat berkiprah di PSSI sebagai pengurus. Kemudian semakin populer saat terpilih sebagai ketua PSSI sehari sehabis PSSI dibekukan oleh pemerintah. Akhir-akhir ini namanya kembali mencuat sehabis ditetapkan sebagai tersangka dana hibah APBD Provinsi Jawa Timur. Penetapan La Nyalla sebagai tersangka terkait posisinya sebagai ketua Kadin Jawa Timur.

Karena penetapannya sebagai tersangka, ada pihak yang memintanya untuk mundur dari jabatannya. Bahkan Menpora membandingkannya dengan presiden FIFA, Sepp Blatter, yang selama ini menjadi rujukannya dalam berargumen. Menpora menyebutkan bahwa presiden FIFA mundur dari jabatannya sebagai pemimpin asosiasi sepakbola seluruh dunia tersebut alasannya tersangkut korupsi. Sementara meskipun nama La Nyalla telah dijadikan tersangka sementara ini masih belum mau mengundurkan diri. Bahkan beberapa orang anggota PP Jawa Timur ngeluruk kantor media yang memberitakan penetapan tersangka La Nyalla. Menurut mereka (PP Jawa Timur) media elektronik tersebut tidak berimbang dalam memberitakan nama La Nyalla.
Terlepas dari itu, di sini akan dibahas mengenai nama La Nyalla Mattaliti. Bagian nama yang dibahas dalam goresan pena ini yaitu dua kata awal, yaitu La Nyalla. Ada dua kemungkinan makna dari nama La Nyalla, berdasarkan penulis nama tersebut diambil dari bahasa Madura.
Arti nama La Nyalla yang pertama berasal dari kata Nyalla yang bermakna menantang.
Contoh dalam bahasa Madura: Be’en mak la-nyalla ka engkok artinya ‘kamu kok menantang saya.
la-nyalla dalam pola di atas berasal dari kata dasar nyalla sepadan dengan ‘mencari masalah’. maka bentuk perulangan la-nyalla dapat diartikan sebagai ‘suka mencari masalah’ dalam arti lain ‘suka menantang dan mencari masalah’.
Makna nama La Nyalla yang kedua berasal dari kata Nyalla bahasa madura yang sepadan dan searti dengan menyala dalam bahasa Indonesia atau bersinonim dengan hidup (tentang api). Makna kata La dalam bahasa Madura berarti sudah atau telah.
Contoh kalimat dalam bahasa Madura: be’en la ngakan? artinya ‘kamu sudah makan?’
Di samping itu ada pula bentuk La dalam percakapan bahasa Madura yang berasal dari kata ella (huruf /e/ dibaca menyerupai pada kata elang bukan menyerupai abjad /e/ pada kata korek). La yang berasal dari kata ella ini bermakna ‘jangan’.
Contoh kalimat dalam bahasa Madura: La jek tedung meloloh! artinya ‘jangan tidur terus!’
Dari beberapa kemungkinan arti di atas, La Nyalla tokoh yang berasal dari Jawa Timur dengan masyarakat penutur bahasa Madura yang cukup banyak di samping penutur bahasa Jawa (Jawatimuran) tidak menutup kemungkinan bahwa nama La Nyalla berasal dari bahasa Madura.
Kemungkinan makna yang paling sesuai adalah:
La Nyalla yang bermakna ‘Sudah Menyala’

Akan tetapi yang menjadi permasalahan, tokoh yang berjulukan La Nyalla selama ini cenderung orang yang bikin dan suka cari masalah.

Entahlah.