Arti Kiasan Tanda Peresmian Gerakan Pramuka

Diposting pada
Arti kiasan Tanda Pelantikan Gerakan . Sebelum kita mempelajari arti kiasan yang terkandung dalam Tanda Pelantikan kita pelajari dulu apa dan bagaimana tanda peresmian tersebut, kapan diberikan kepada anggota pramuka, serta bagaimana cara mengenakan dan memasangnya di pakaian seragam pramuka.
Tanda Pelantikan ialah salah satu dari Tanda Umum Gerakan sehingga sekaligus menjadi bab dari sistem Tanda Pengenal dalam Gerakan . Tanda Pelantikan disematkan kepada seseorang ketika pertama kali dilantik menjadi anggota pramuka dan dikenakan pada seragam pramukanya seumur hidup. Sehingga penyematan tanda peresmian hanya dilakukan satu kali yaitu ketika seseorang tersebut untuk pertama kalinya dilantik menjadi seorang pramuka.
Seumpama seorang pramuka siaga sesudah berpindah golongan, lalu menjadi tamu penggalang sampai jadinya dilantik menjadi penggalang tidak perlu dilakukan penyematan tanda peresmian kembali. Berbeda seumpama calon penggalang tersebut sebelumnya belum pernah menjadi pramuka siaga dan gres menjadi anggota pramuka ketika usia penggalang tersebut maka akan dilakukan penyematan tanda pelantikan. Pun sama halnya bagi anggota pramuka penegak. Jika seorang calon penegak sebelumnya belum menjadi anggota penggalang ataupun siaga maka akan dilakukan penyematan tanda pelantikan. Namun kalau sebelumnya, calon penegak tersebut telah menjadi pramuka penggalang maka tidak perlu dilakukan penyematan tanda pelantikan.
Arti kiasan Tanda Pelantikan Gerakan  Arti Kiasan Tanda Pelantikan Gerakan
Anggota pramuka putri dengan tanda peresmian di kerah bajunya
Yang dimaksud sebagai peresmian di sini ialah peresmian seseorang menjadi anggota pramuka dan bukan peresmian kecakapan umum (pramuka penegak dan pandega.

Bentuk dan Pemasangan Tanda Pelantikan

Tanda pelantikan terdiri atas dua macam yaitu tanda peresmian untuk anggota pramuka putri dan tanda peresmian untuk anggota putra. Keduanya mempunyai gambar dan warna yang sama namun berbeda bentuknya dan daerah pemasangannya pada pakaian seragam pramuka. Tanda peresmian dibentuk dari kain yang untuk pramuka putri berbentuk bulat sedangkan untuk anggota pramuka putra mempunyai bentuk jajar genjang. Pada tanda peresmian tersebut terdapat gambar tunas kelapa (lambang Gerakan ), padi dan kapas, bintang, bulat (roda) bergigi sepuluh, goresan pena Gerakan , serta titik sebanyak lima buah. Warna dasar tanda peresmian ialah coklat tua. 
Bentuk tanda peresmian selengkapnya sanggup dilihat pada gambar berikut ini.
Arti kiasan Tanda Pelantikan Gerakan  Arti Kiasan Tanda Pelantikan Gerakan
Pemasangan tanda peresmian tersebut berbeda antara anggota pramuka putra dengan anggota putri. Pada anggota pramuka putri, tanda peresmian dipasang di kerah baju seragam pramuka sebelah kiri. Sedangkan pada anggota pramuka putra, tanda peresmian dipasang pada saku baju pramuka sebelah kiri.

Arti Kiasan Tanda Pelantikan

Sebagaimana gejala pengenal lainnya dalam Gerakan , tanda peresmian mempunyai arti kiasan. Hal ini mengingat fungsi tanda pengenal dalam Gerakan yang salah satunya ialah sebagai alat pendidikan.
Arti kiasan yang dimiliki oleh tanda peresmian Gerakan ialah sebagai berikut:
  1. Warna Coklat melambangkan warna tanah sebagai sumber kehidupan;
  2. Warna Kuning melambangkan kekuatan dan keagungan;
  3. Gambar Padi dan Kapas melambangkan kesuburan dan kemakmuran bangsa Indonesia di mana padi melambangkan sumber pangan dan kapas melambangkan sumber pakaian;
  4. Roda (lingkaran) bergigi sepuluh melambangkan Dasadarma;
  5. Tunas kelapa melambangkan lambang Gerakan dengan segala arti kiasan yang terkandung di dalamnya;
  6. Bintang bersudut lima di atas tunas kelapa mengiaskan Ketuhanan yang Maha Esa sekaligus harapan yang tinggi yang dimiliki oleh anggota Gerakan ;
  7. Tulisan Gerakan melambangkan Gerakan sebagai satu-satunya organisasi yang menyelenggarakan kepramukaan atau kepanduan di Indonesia.
  8. Titik lima di pangkal padi kapas melambangkan pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup bangsa;

Itulah Tanda Pelantikan Gerakan mulai dari bentuk, bahan, gambar, cara pemasangannya pada seragam pramuka sampai arti dan kiasan yanag terkandung dalam gambar-gambar di dalamnya. Dengan mengenal seluk beluk tanda peresmian tersebut agar makin mempertebal semangat para pramuka dalam melatih dirinya untuk mempersiapkan diri dan ikut serta dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia.