Arti Kata Romantis, Penggunaan Dan Persamaan Katanya Dalam Bahasa Indonesia

Diposting pada

Pernah memakai kata ‘romantis’? Sudah paham artinya ataukah masih bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan romantis? Berikut klarifikasi lengkap wacana kata romantis.

Kata Romantis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti:
a bersifat menyerupai dalam dongeng roman (percintaan); bersifat mesra; dan mengasyikkan. (Lihat KBBI, 2019 halaman 1180).
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai standar acuan, juga ada kata romantik. Masih di halaman yang sama, kata tersebut dirujuk ke kata romantis. Jadi, artinya sama. Hal ini sama dengan perbedaan fonem (huruf) s dan k pada fanatik – fanatis; fonetik – fonemis; romantik – romantis. Perbedaan s dan k tidak mengubah arti.

Kata romantis merupakan istilah yang menduduki kelas kata sebagai adverbia diberi instruksi a dalam KBBI. Adverbia yaitu istilah linguistik yang memperlihatkan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, nomina predikatif. Adverbia sanggup dirangkai menjadi frasa yang diawali dengan kata sangat; lebih; tidak. Jadi, romantis sanggup menjadi penjelasan. Misalnya Dia sangat romantis.
Arti romantis dalam KBBI dijelas sebagai seperti roman. Berarti kata romantis asal-usul istilahnya berasal dari kata (akar kata) roman. Sementara kata roman dalam bahasa Indonsia ada empat yaitu:
Roman yang berarti raut muka
Roman yang berarti cerita
Roman yang berarti sekam (kulit padi)
Roman yang berarti jenis aksara = Times New Roman.
Berdasarkan arti dari kata romantis, kata romantis berasal dari kata roman yang kedua, yaitu yang berarti cerita khususnya dongeng wacana percintaan.
Kata lain yang masih berkaitan dengan romantis yang terdapat dalam bahasa Indonesia adalah: romanistik; romansa; romantika; romantikus; romantisme.
Berikut ini arti masing-masing kata di atas yang terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia:
Romanistik n pengetahuan wacana bahasa dan kesusastraan Latin, Prancis, Spanyol, Italia, Portugis, dan Romania.
Mungkin asal kata roman dan romantis diambil dari nama negara Romania atau Rumania. Kode n pada klarifikasi arti kata di atas memperlihatkan bahwa kata romanistik merupakan nomina atau kata benda.
Romansa n novel atau kisah prosa lainnya yang mempunyai ciri khas tindakan kepahlawanan, kehebatan, dan keromantisan dengan latar historis (sejarah) atau imajiner.
Dari klarifikasi arti di atas, kata romansa juga berkaitan dengan percintaan yang membalut dongeng perjuangan.
Romantika a  lika-liku atau seluk-beluk yang mengandung murung dan gembira.
Dilihat dari artinya, romantika ini sama dengan peribahasa pahit bagus kehidupan atau asam garam kehidupan.
Romantikus n 1. Penganut roman romantik; 2 pengarang dongeng roman.
Jadi, yang dimaksud romantikus yaitu satu orang sekaligus yaitu pengarang dongeng roman yang isi romannya yaitu roman percintaan.
Rmantisisme n 1 haluan kesusastraan selesai kala ke-18 yang mengutamakan perasaan, pikiran, dan tindakan spontanitas; 2 aliran dalam seni khususnya drama yang mengutamakan imajinasi, emosi, dan sentimen idealisme.
Persamaan Kata Romantis
Dilihat dari klarifikasi arti romantis yang lengkap di atas, sanggup diketahui bahwa kata romanti mempunyai arti yang sama dengan mesra dan cinta. Jadi, sama juga dengan kata indah. Juga sama artinya dengan kata rayuan meskipun dalam beberapa batasan romantis belum tentu merayu.
Penggunaan Kata Romantis
Kata-kata romantis acap kali identik dengan percintaan. Sehingga, yang biasanya romantis yaitu antara pasangan kekasih, baik yang masih bermesra-mesraan dengan pacar atau sepasang suami istri.
Pada dasarnya kata romantis juga sanggup dipakai oleh keluarga, contohnya kekerabatan antara orang renta dengan anak. Bukankah dalam keluarga juga ada rasa saling cinta antara orang renta dan anaknya. Akan tetapi, dalam keluarga istilah yang paling sering dipakai yaitu harmonis, bukannya romantis.
Berikut ini contoh kata romantis yang tidak menggombal:
Ijinkanlah saya menyapamu di pagi ini, bersama mentari yang selalu tersenyum pada dunia.
Ini yaitu kata-kata romantis yang sanggup diucapkan kepada pasangan dikala pagi hari.
Malam boleh datang, bintang boleh menghilang, dalam langit mendung, tetapi sayang. Tetaplah jiwamu bersamaku semoga jiwaku tetap terang.
Ini yaitu kata-kata romantis yang sanggup diucapkan pada malam hari.
Kata-kata romantis yang biasa diucapkan Cak Rat kepada Ning Rat justru sangat aneh, begini:
Ning, tetaplah menggila bersamaku.
Menurut Cak Rat dan Ning Rat, kata-kata itu sangat romantis, sangat mesra. Menurut mereka menggila itu menjadi diri sendiri, tidak perlu malu. Misalnya tidak perlu aib dikala masih belum sanggup beli barang menyerupai tetangga. Tidak perlu aib dengan kondisi yang masih pas-pasan. Tidak perlu aib juga dikala dianggap kurang berakal alasannya yaitu harus melaksanakan hal yang benar. Jadi, berdasarkan mereka menggila yaitu kondisi paling mesra di antara mereka.
Bagaimana kata-kata paling romantis berdasarkan kalian?