Aplikasi Penyusunan Kegiatan Pelajaran Ms Excel Siap Pakai

Diposting pada
Aplikasi penyusunan Jadwal mutlak diperlukan oleh guru yang bertugas menyusun jadwal. Meskipun tidak memudahkan seratus persen, penggunaan aplikasi pembantu penyusunan jadwal pelajaran sekolah memiki andil besar dalam proses penyusunan jadwal.

Banyak jenis aplikasi yang ditawarkan di internet dengan aneka macam dasar pembuatannya. Yang ditawarkan di sini yakni aplikasi penyusunan jadwal pelajaran berbasis microsoft excel (Ms Excel). Aplikasi Ms Excel dipilih dengan aneka macam alasan:

1. Saya hanya sanggup excel, tidak paham aktivitas yang lain. Ini alasan utama alasannya yakni aplikasi ini aku susun sendiri untuk kepentingan sekolah saya. Sekalian saja aku bagikan melalui blog ini. Mungkin sanggup dimanfaatkan oleh rekan-rekan sesama guru.

2. Aplikasi excel sangat gampang diedit. Memang aplikasi penyusunan jadwal ini aku protect beberapa bagiannya. Bukan untuk meminta sumbangan, tetapi untuk melindungi beberapa rumusnya. Maka aku beri bocoran password ‘protect sheet’nya yaitu: “pustamun” (tanpa petik).

3. Aplikasi Ms Excel merupakan aplikasi standar bawaan dekstop maka niscaya sanggup dibuka di hampir seluruh komputer di sekolah.

4. Hampir semua guru paham dan sanggup memakai Excel, maka ini yakni tabel yang biasa digunakan tapi memliki kondisi-kondisi tertentu yang memudahkan.

Sebelum Mengunduh (Download) Aplikasi Penyusunan Jadwal Pelajaran, berikut dijelaskan bab dan cara kerja bagian-bagiannya:

Aplikasi Penyusunan Jadwal Pustamun Siap Pakai

Ini yakni nama file aplikasi Excel yang aku buat. Tampilannya sederhana.

Berikut ini bagian-bagian MS Excel dan keterangan singkat ihwal aplikasi penyusunan jadwal yang aku buat.

Perlu diketahui bahwa, aplikasi ini siap pakai, alasannya yakni sudah aku beri rujukan penggunannya, aku gunakan di sekolah saya, dan efektif.

Tapi perlu diketahui bahwa, aplikasi ini menyediakan sembilan kolom (9 Rombel) alasannya yakni di sekolah kami, hanya ada 7A hingga 9C. Jika sekolah anda mempunyai banyak rombel, perlu penyesuaian sedikit.

Tampilan Muka Apilkasi Penyusunan Jadwal Siap Pakai

Di bagiah ‘Muka’ atau ‘Beranda’ Aplikasi terdapat beberapa tombol  yang mengarah ke bab yang perlu diisi (berwarna Hijau), dan tombol yang disediakan untuk pengguna apliksi penyusunan jadwal yang mungkin membutuhkan derma dan warta lain, atau mempunyai pertanyaan (tombol biru)

Untuk memulai memakai aplikasi, silahkan klik tombol ‘Isi Identitas’ hal ini sanggup digunakan sanggup tidak. Bisa disiisi lengkap, atau sekenanya alasannya yakni jadwal digunakan di internal sekolah.

Setelah identitas diisi, silahkan kembali ke ‘Home’ kemudian klik tombol ‘Kode Guru’. Kode guru sanggup dilihat pada gambar di bawah ini:

Isi Kode Guru dan Jumlah Jam Mengajara di Masing-Masing Kelas

Dalam tampilan aplikasi jadwal, menyerupai pada gambar di atas, yang perlu diisi yakni nomor urut, nama guru, instruksi guru, mata pelajaran, jumlah JP (Jam Pertemuan) dalam satu kelas. Misalnya dalam kelas 7A pelajaran Bahasa Indonesia ada 6 JP, maka ditulis 6. Dan seterusnya.

Kolom jumlah jam di tiap-tiap kelas diadaptasi dengan beban mengajar masing-masing guru.

Penggunaan Kode usahakan sama, kalau satu guru memakai dua kode, contohnya dalam Contoh Budi Hermanto memakai Kode A1 dan A2, ini menyulitkan untuk mendeteksi jadwal yang benturan bagi guru yang bersangkutan.

Setelah semua instruksi guru dan beban mengajar di tiap-tiap kelas selesai diisikan, dan dianggap benar maka sanggup melangkah ke tahap selanjutnya yaitu tombol “ISI Tabel”. Untuk mengecek apakah jumlah jam sudah sesuai untuk masing-masing kelas sanggup dilihat di baris terakhir yaitu Total Jam. Untuk sekolah yang menerapkan K13, jumlah jam mengajar yakni 38 JP (masih belum termasuk muatan lokal).

Tahap selanjutnya, mengisi tabel aplikasi. Pastikan isi ke dalam kolom kelas. Untuk bab yang awal isikan secara acak saja, tinggal menyeseuaikan dengan jam atau hari yang diinginkan oleh yang bersangkutan.

catatan tambahan: Ingat pelajaran Penjaskes harus diletakkan di awal pelajaran.

Dalam proses pengisian pastikan tidak memakai teknik Copy-Paste alias Salin-Tempel. Penggunaan cara ini sanggup merusak rumus kondisi yang sudah terdapat dalam aplikasi penyusunan jadwal pelajaran otomatis ini.

Jika jumlah jam yang diisikan masih dua, padahal yang diminta yakni empat, maka warna kolomnya yakni hijau. Sementara kalau jumlah instruksi guru yang dimasukkan melebihi jumlah yang seharusnya maka instruksi tersebut akan berkembang menjadi kuning.

Sementara, kalau ada instruksi guru yang sama yang lurus dalam satu waktu, maka keduanya akan berkembang menjadi merah. Tinggal menggeser, supaya tidak kres.

Kode Warna yang Membantu Penyusunan Jadwal Pelajaran

Dalam tahap ini, penyusun jadwal pelajaran harus jeli dan berhati-hati, open, dan telaten. Karena harus mengisi satu persatu selama sekian jam sekian hari.

Jika semua tabel sudah diisi, tidak ada yang hijau, tidak ada yang kuning, maka jadwal itu sudah pas sesuai dengan jumlah beban JP dalam kurikulum dan Jumlah JP masing-masing guru.

Untuk membantu mengetahui hal itu, contohnya kita mengentri instruksi M untuk pelajaran Agama, maka dalam kolom di samping, akan muncul keterangan. Jika masih kurang maka ada keterangan  “Kurang” kalau lebih maka akan muncul secara otomatis keterangan “Lebih”, Jika jumlahnya sesuai maka akan muncul keterangan “fix”. Pada baris sesuai dengan instruksi guru dan mapelnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini:

Untuk kolom “Cari Kode” yang berwarna biru-putih di atas, befungsi untuk mencari instruksi guru yang tampil dalam tabel aplkasi jadwal.

Kolom yang disediakan ada tiga, untuk berjaga mungkin ingin membandingkan satu guru dengan guru yang lain.

Tabel dalam Aplikasi Penyusunan Jadwal untuk Mengetahui Jam Kosong

Dalam tabel di atas, juga terdapat dua warna yaitu hijau dan oranye. Kolom  hijau menunjukan bahwa pada hari tersebut guru yang bersangkutan tidak memliki jam mengajar, alias libur.

Sementar instruksi warna putih menawarkan bahwa guru yang bersangkutan hanya mempunyai satu JP di hari yang sesuai dengan kolom.

Tampilan Jadwal yang Siap Cetak 

Dalam aplikasi juga disediakan tombol ‘Cetak Jadwal’ Tombol tersebut merujuk pada tampilan jadwal yang ‘enak dibaca’ oleh siswa dan guru. Dalam cetak jadwal juga disediakan tombol pencarian yang sanggup digunakan oleh guru mencari kodenya yang memunculkan warna yang berbeda di antara jadwal yang lain sehingga gampang untuk ditemukan.

Sebelum mengunduh, ada baiknya kita tonton terlebih dahulu video tutorial pengisian aplikasi jadwal tersebut. Tolong juga subscribe channel youtube kami ini.

Memang aplikasi ini tidak dibentuk oleh orang yang profesional dan mempunyai lisensi di bidang komputer, maka sangat memungkinkan terjadi kekurangan di sana-sini. Namun tidak ada salahnya pula membagikan, seiapa tahu yang membutuhkan.