banner 728x250

Apa Sih Smart City Itu? Manfaat Dan Ulasan Cyber Physical Social System

  • Share
banner 468x60

Smart City akhir-akhir ini digadang-gadang dijadikan selaku terobosan sebuah kota untuk tampil lebih maju dan lebih baik dengan membangun berbgai unsur infrastruktur di sebuah kota. Tak cuma itu Smart City ialah induk dari konsep E Goverment yang memberikan pelayanan yang bagus bagi publik utamanya warga masyarakatnya. Simak juga perbedaan antara Smart City dan E Goverment dengan mendatangi tautan tersebut.

gadang dijadikan sebagai terobosan sebuah kota untuk tampil lebih maju dan lebih baik deng Apa sih Smart City Itu? Manfaat dan Ulasan Cyber Physical Social System

banner 336x280

Makna Kata Smart City

Istilah Smart City atau dalam bahasa Indonesia diketahui dengan istilah Kota Cerdas. Untuk dapat mengetahui definisi atau pengertian dari Smart City pertama-tama mari kita identifikasi apalagi dahulu makna dari katanya, kata pertama yakni Smart dan kedua ialah kata City. Kata Smart atau Cerdas bisa dimaknai sebagai kemampuan untuk mencicipi, menangkap dan memproses pesan atau data inputan dan menunjukkan respon secara cepat dan sempurna. Apabila diumpamakan seperti dengan kecerdasan seorang manusia yang bisa menangkap berbagai data dari lingkungan disekitarnya lewat panca indera yang dimilikinya serta memperlihatkan tanggapansecara cepat dan sempurna. Misalkan ketika mata kamu melihat suatu mobil yang mau menabrak kamu, maka secara cepat dan tepat otak akan berpikir untuk memerintahkan tubuh kamu untuk menghindarinya.

Sedangkan kata City atau Kota berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987 Pasal 1 menyebutkan Kota ialah sebuah pusat pemukiman dan kegiatan masyarakatyang mempunyai batasan administrasi yang sudah dikelola dalam perundang-permintaan serta pemukiman yang sudah memberikan budbahasa dan ciri kehidupan perkotaan. Berdasarkan makna setiap kata penyusun dari ungkapan Smart City atau Kota Cerdas tersebut maka mampu diartikan sebagai sebuah kota yang memiliki kemampuan pro aktif dalam mengidentifikasi dan mengumpulkan data-data dari banyak sekali bagian kota baik unsur fisik maupun sosial untuk berikutnya diproses dan memperlihatkan tanggapansecara tepat dan cepat.

Baca juga:  Struktur Data Dan Tipe Data Pada Algoritma

Cyber Physical Social System

Smart City intinya ialah Cyber Physical Social System dalam ruang lingkup kota, adalah suatu metode yang mengintegrasikan metode fisik kota, metode sosial dan tata cara digital lewat media siber atau internet. Sistem fisik kota meliputi berbagai fasilitas dan prasarana pendukung kegiatan kehidupan kota, mirip jembatan, gedung, termina, jaringan listrik, stasiun, infrastruktur telekomunikasi dan lain sebagainya. Sedangkan metode sosial kota mencakup aneka macam lingkungan sosial insan dan individu yang ada di dalam kota meliputi pemerintah kota, masyarakat biasa , pasar, keluarga, warga kota, dan lain sebagainya. Sementara itu metode digital kota meliputi sensor, jaringan komputer, kontrol, data center atau pusat data, komputtasi dan lain sebagainya.

Cyber Physical Social System pada Smart City serupa dengan metode tubuh manusia. Suatu kecerdasan memerlukan media input atau masukan. Panca indera pada badan manusia mirip mata, telinga, hidung, lidah dan kulit ialah media yang bisa menjadi inputan bagi kecerdasan yang dimiliki oleh insan. Sementara itu dalam konsep Smart City fungsi dari media input bisa dijalankan dengan menggunakan CCTV atau sensor yang dipasang di aneka macam komponen sebuah kota. Seperti CCTV kemudian lintas, CCTV analisa objek, sensor polusi udara dan air, sensor ketinggian air sungai, sensor kepadatan lalu lintas, sensor kecepatan unuk mengukur kecepatan kendaraan dan lain sebagainya.

Untuk insan analogi otak untuk memproses dan menyimpan data-data inputan dari panca indera, sedangkan bagi Smart City pemrosesan dan penyimpanan  bisa dilaksanakan oleh prosesor, mikrokontroller, hard drive, digital video recorder, Sekolah Dasar Card dan lain sebagainya. Respon yang diberikan menurut hasil pemrosesan data inputan dalam analogi tubuh insan dapat berupa ucapan maupun gerakan badan, sedangkan dalam rancangan Smart City mampu berupa tampilan infoormasi dari layar LCD, keluaran bunyi dari speaker atau berbentukgerakan dari aktuator.

gadang dijadikan sebagai terobosan sebuah kota untuk tampil lebih maju dan lebih baik deng Apa sih Smart City Itu? Manfaat dan Ulasan Cyber Physical Social System

Definisi Smart City

Secara lebih dalam Smart City yakni sebuah kategorisasi kota sekaligus suau konsep pengembangan dan pengelolaan tata kota dengan mempergunakan teknologi gosip secara optimal dan intensif, tergolong jaringan komputer, internet of things (IoT), big data, cloud computing, data analytic, geographical information integration dan lain sebagainya, sehingga tata cara dapat diintegrasikan dengan insan selaku sistem fisik kota dan metode digital supaya kota dapat lebih kreatif dan kreatif.

Baca juga:  Download Perangkat Pembelajaran K13 Informatika Smp Kelas 7

Manfaat Smart City

gadang dijadikan sebagai terobosan sebuah kota untuk tampil lebih maju dan lebih baik deng Apa sih Smart City Itu? Manfaat dan Ulasan Cyber Physical Social System

Terdapat beberapa faedah yang bisa dirasakan berkat terpenuhinya pembangunan unsur Smart City secara menyeluruh, diantaranya selaku berikut :

  1. Memonitor kondisi infrastruktur penting kota, menyiapkan aktivitas-kegiatan perawatan dan peningkatan keamanannya.
  2. Meningkatkan efisiensi operasional dan layanan kota.
  3. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya kota secara efisien dan berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kenyamanan masyarakatuntuk tinggal.
  5. Meningkatkan kualitas atau kemakmuran hidup warganya.
  6. Peningkatan mutu layanan publik dan layanan kota seperti transportasi, listrik, kemanan, lingkungan hidup dan layanan keadaan darurat.
  7. Menangkap dan menawarkan respon akan keperluan warganya secara proaktif, cepat dan juga sempurna.
  8. Meningkatkan ketahan kota daam menangkal kriminal dan kesempatanresiko yang lain dan mempercepat pemulihan akhir tragedi.
  9. Menjaga kesetaraan bagi semua warga penduduk .
  10. Memastikan perkembangan dan keberlangsungan kota di era yang hendak tiba dan menyanggupi keperluan generasi yang mau datang baik secara sosial, ekonomi maupun lingkungan.
  11. Meningkat kesanggupan kota dalam berkompetisi.

Referensi
Smart City: Konsep, Model, & Teknologi – ITS

banner 336x280
banner 120x600
  • Share