banner 728x250

Apa Relevansinya Algoritma Dengan Flowchart?

  • Share
banner 468x60

Algoritma dan flowchart ialah sesuatu hal yang cukup penting bagi kau yang bergerak di bidang pemrograman. Algoritma ialah hal dasar yang wajib dikuasai oleh para programmer, bahkan bagi kau yang gres mengawali belajar pemrograman direkomendasikan mencar ilmu algoritma pemrograman terlebih dahulu. Algoritma ini akan membantu kau untuk lebih mengerti proses computational thinking, dan pemahaman ini sungguh penting bagi programmer.

Saat kamu mulai menyusun algoritma, kau juga akan berkenalan dengan yang namanya flowchart. Melalui flowchart ini kamu akan lebih gampang dalam mengetahui sebuah algoritma yang ada. Lalu apa sih korelasi antara algoritma dengan flowchart ini? Yuk, mari kita bahas bersama-sama.

banner 336x280

Apa itu Algoritma?

Algoritma dan flowchart merupakan sesuatu hal yang cukup penting bagi kamu yang bergerak d Apa Hubungannya Algoritma dengan Flowchart?

Menurut Rinaldi Munir, algoritma adalah urutan tindakan logis solusi persoalan yang disusun secara sistematis. Sedangkan berdasarkan KBBI definisi dari algoritma yakni urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan dilema. Berdasarkan definisi sebelumnya, maka mampu ditarik kesimpulan bahwa algoritma ialah salah satu ilmu yang mempelajari cara menyelesaikan suatu masalah dengan memakai urutan langkah-langkah yang disusun secara sistematis.

Sebuah algoritma di dalamnya berisi tindakan solusi problem. Notasi algoritma yaitu hal dasar yang mesti dikuasai oleh kau sebagai seseorang yang mau membuat suatu program. Notasi algoritma ini cukup penting sebab didalamnya berisi kerangka sebuah program. Penjelasan dari langkah-langkah yang ada pada algoritma tidak merujuk pada sintaks bahasa pemrograman tertentu maupun spesifikasi perangkat yang digunakan untuk mengerjakan algoritma.

Sebenarnya ketika kamu menuliskan tindakan pada algoritma, kau tidak terikat oleh aturan yang baku dalam menuliskan algoritma. Yang terpenting gampang untuk dibaca dan menerapkan bahasa atau ungkapan yang mudah untuk diketahui. Walaupun begitu, supaya menghemat kekeliruan, kamu mesti memperhatikan notasi. Setidaknya ada tiga cara yang lazimnya dipergunakan saat menuliskan algoritma, yaitu deskriptif, pseudocode dan flowchart.

Baca juga:  Download Perangkat Pembelajaran K13 Informatika Smp Kelas 8

Apa itu Flowchart?

Algoritma dan flowchart merupakan sesuatu hal yang cukup penting bagi kamu yang bergerak d Apa Hubungannya Algoritma dengan Flowchart?

Flowchart yaitu cara penulisan suatu algoritma dengan memakai notasi visual atau grafis. Grafis pada flowchart berbentuk gambar atau bagan yang mengilustrasikan urutan atau langkah-langkah dari sebuah algoritma serta korelasi antar proses dan pertanyaannya. Ilustrasi ini ditulis dalam bentuk simbol, setiap simbol mengilustrasikan proses tertentu. Sedangkan untuk menghubungkan setiap proses diilustrasikan dengan garis penghubung.

Melalui penerapan flowchart kamu akan dimudahkan dalam melaksanakan pengecekan dan mengetahui alur kerjanya. Flowchart juga bisa digunakan selaku sarana untuk melaksanakan komunikasi antara orang-orang yang ada pada sebuah proyek supaya lebih cepat mengetahui maksud dan maknanya. Disamping itu flowchart bisa menolong programmer dalam memecah problem ke dalam beberapa bab yang lebih kecil sehingga bisa dianalisa solusi alternatif dari bab-bagian persoalan tersebut.

Flowchart akan mengilustrasikan urutan isyarat yang dimodelkan dalam bentuk simbol tertentu dalam memecahkan urusan pada sebuah program. Setiap mekanisme atau langkah yang dilakukan akan diberikan informasi yang lebih rincian pada sebuah flowchart. Flowchart sering dipakai oleh para programmer untuk mengilustrasikan urutan instruksi dari sebuah acara. Selain itu flowchart juga sering dipakai analisis metode untuk mengilustrasikan urutan pekerjaan dalam suatu mekanisme.

Aturan Flowchart

Flowchart ialah gambaran hasil pedoman ketika kamu menganalisa sebuah permasalahan yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman untuk dijadikan suatu program. Oleh alasannya itu saat kamu akan membuat flowchart untuk suatu acara atau algoritma, kau tidak terikat pada aturan atau tolok ukur yang sifatnya mutlak. Flowchart yang dihasilkan pun bisa bervariasi antara yang satu dengan lainnya, meskipun permasalahannya sama. Akan namun kau juga perlu memperhatikan beberapa rekomendasi penulisan notasi algoritma agar flowchart yang kamu buat mudah untuk dipahami berikut ini :

Baca juga:  Situasi Kereta Krl Commuter Line Ketika Pandemi Corona Covid-19

  1. Gunakan simbol-simbol flowchart yang telah dijadikan standar
  2. Penentuan aktivitas dimulai dan berakhir harus terperinci, simbol titik permulaan dan titik final pada flowchart cuma ada satu.
  3. Setiap langkah dari sebuah acara mesti dijelaskan menggunakan deskripsi kata kerja. Misalkan “Menghitung nilai x”
  4. Aktivitas yang diilustrasikan didefinisikan dengan bahasa dan simbol yang tepat dan terang.
  5. Setiap langkah dari acara mesti terletak pada urutan yang benar
  6. Suatu flowchart diilustrasikan di halaman yang dimulai dari sisi atas ke bawah dan dari segi sebelah kiri ke sisi sebelah kanan.

Hubungan Algoritma dengan Flowchart

Algoritma dan flowchart merupakan sesuatu hal yang cukup penting bagi kamu yang bergerak d Apa Hubungannya Algoritma dengan Flowchart?

Sebenarnya dari uraian sebelumnya di atas, mungkin kau telah mampu menyimpulkan apa relasi dari algoritma dengan flowchart. Akan tetapi semoga kau lebih memahaminya lagi, silahkan perhatikan analogi berikut ini. 

Misalkan kau memiliki sebuah masalah yaitu bagaimana cara memilih bilangan ganjil atau genap. Maka kau akan menimbang-nimbang penyelesaian dari persoalan tersebut, bagaimana tindakan penyelesaiannya. Setelah kamu sukses menciptakan algoritmanya, maka semoga algoritma tentang cara menentukan bilangan ganjil atau genap tadi bisa dipakai dan diketahui oleh orang lain. Maka kau akan menuliskan algoritma tersebut memakai notasi algoritma, salah satunya ialah flowchart.

Cara menuntaskan persoalan ini yakni dengan membagi bilangan dengan angka 2, apabila nilai sisa baginya adalah 0 maka bilangan tersebut termasuk bilangan genap. Sedangkan apabila sisa baginya ialah 1 maka bilangan tersebut termasuk ke dalam bilangan ganjil. Flowchart dari urusan ini bisa dilihat pada gambar di bawah.

Algoritma dan flowchart merupakan sesuatu hal yang cukup penting bagi kamu yang bergerak d Apa Hubungannya Algoritma dengan Flowchart?

Pada flowchart di atas, Bil ialah perumpamaan untuk bilangan yang akan di cek bilangannya apakah tergolong bilangan ganjil atau genap.

Berdasarkan analogi tersebut maka bisa disimpulkan bahwa relasi antara algoritma dengan flowchart yaitu selaku penjelas. Flowchart disini sebagai notasi algoritma dengan memakai gambar atau simbol sebagai penjelas atau deskripsi dari sebuah algoritma. Algoritma perlu kamu notasikan, bisa dalam bentuk flowchart, deskripsi maupun pseudocode. Notasi ini akan memiliki kegunaan ketika orang lain memahami algoritma yang kamu buat dan juga selaku pengingat untuk kau ketika menggunakan algoritma tersebut.

Baca juga:  Surat Edaran No 5901/D/Kr/2019 Wacana Kesiapan Penerapan Mapel Informatika

“Dengan memvisualisasikan informasi, kami menggantinya menjadi lanskap yang mampu kau jelajahi dengan mata kau, semacam peta gosip. dan dikala kamu kehilangan isu, peta berita tersebut akan berguna” (David McCandless)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share