banner 728x250

Apa Itu Sql? Pengertian, Jenis Beserta Fungsinya

  • Share
banner 468x60

Di periode serba data mirip sekarang ini, aplikasi memerlukan sebuah database dalam menyimpan data-data aplikasinya. SQL yaitu singkatan dari Structured Query Language dan salah satu unsur penting dalam membuat suatu aplikasi. Keberadaan SQL sebagai bahasa yang biasa digunakan dalam hal pengaksesan data, sangat menolong dalam pengelolaan data secara digital dan memberikan fasilitas pengguna dalam mengakses data tersebut.

“Kamu dapat mempunyai data tanpa adanya isu, namun kamu tidak mampu mempunyai info tanpa adanya data.” (Daniel Keys Moran)

banner 336x280

Kamu mungkin pernah membangun sebuah aplikasi web maupun desktop, mirip yang kamu pahami bahwa aplikasi yang kau berdiri sering kali membutuhkan suatu database server untuk menampung segala jenis bentuk info atau data. Misalkan data yang dibutuhkan oleh aplikasi mirip data pengguna meliputi username, email, password, foto, tanggal lahir, jenis kelamin dan lain sebagainya. Dalam hal ini, SQL bertugas selaku metode manajemen database yang akan mengorganisir data-data pada aplikasi tersebut.

Kamu jangan salah paham tentang SQL sebagai software database management system. Karena SQL bukanlah alat dalam menyimpan sebuah data melainkan alat untuk mengelola data pada suatu aplikasi. Dengan kata lain SQL yakni bahasa yang menghubungkan antara aplikasi dengan DBMS, dengan menggunakan SQL kau mampu mengakses data tersebut melalui aplikasi yang sedang kau bangkit.

Pengertian SQL

 aplikasi memerlukan suatu database dalam menyimpan data Apa Itu SQL? Pengertian, Jenis Beserta Fungsinya
SQL ialah kependekan dari Structured Query Language, yang memiliki kegunaan selaku bahasa khusus dalam mengakses dan mengurus data-data yang ada di dalam suatu basis data relasional. Saat pengaksesan atau pengelolaan data memakai perintah-perintah khusus sehingga data bisa dimanipulasi atau diatur dengan baik.
Perintah-perintah khusus yang berguna dalam mengorganisir database umumdisebut dengan query. Perintah-perintah SQL tersebut sudah memiliki persyaratan khusus yang diakui oleh ANSI (American National Standard Institute) selaku bahasa pemrograman database. Pengakuan akan standarisasi SQL tersebut sudah diakui semenjak tahun 1986.

Jenis SQL

 aplikasi memerlukan suatu database dalam menyimpan data Apa Itu SQL? Pengertian, Jenis Beserta Fungsinya
Berbicara mengenai perintah atau arahan yang ada pada SQL, perintah SQL bisa dibagi menurut jenis nya. Secara garis besar setidaknya ada empat jenis perintah dalam SQL yang perlu kau ketahui, berikut penjelasanya.  

1. Data Definition Language (DDL)

Jenis perintah data definition language (DDL) ialah perintah SQL yang paling fundamental. Perintah DDL dipakai untuk mendefinisikan atau membuat struktur sebuah basis data beserta tabelnya. Terdapat beberapa perintah yang tergolong ke dalam DDL, seperti berikut :
Perintah CREATE mampu kau gunakan dikala akan membuat sebuah database,  tabel maupun kolom gres.
Perintah DROP bisa kau gunakan dikala akan meniadakan sebuah database, tabel maupun kolom yang sudah ada.
Perintah SHOW bisa kamu gunakan untuk menampilkan isi dari sebuah tabel yang telah ada sebelumnya.
Perintah ALTER mampu kau gunakan saat ingin merubah struktur tabel mencakup merubah nama tabel, menambah, merubah dan menghapus kolom, serta menambah atribut yang lain.
Perintah RENAME mampu kamu gunakan dalam merubah nama suatu tabel maupun kolom yang telah ada.

2. Data Manipulation Language (DML)

Jenis perintah selanjutnya yaitu DML (data manipulation language) yang ada pada SQL. Perintah DML ini, berfungsi untuk memanipulasi data yang ada pada suatu database. Perintah DML terdiri dari beberapa perintah seperti berikut :
Perintah INSERT mampu kamu gunakan dikala akan menyertakan atau memasukkan suatu record baru pada sebuah tabel di database.
Baca juga:  Sinergikan Marketplace Dengan Mempunyai Website Sendiri
Perintah SELECT mampu kamu gunakan dalam memilih tabel, kau juga bisa merelasikan suatu tabel dengan tabel yang lain sehingga data yang kau ambil mampu dari beberapa tabel.
Perintah DELETE bisa kamu gunakan ketika kamu ingin menghapus sebuah record  yang telah ada sebelumnya pada sebuah tabel.
Perintah UPDATE bisa kau gunakan ketika kamu akan melakukan pembaruan atau perubahan terhadap data yang ada pada suatu record di tabel.

3. Data Control Language (DCL)

Perintah SQL selanjutnya adalah perintah data control language (DCL). Perintah DCL ini biasa dipakai khusus untuk menertibkan hak jalan masuk apa saja yang dimiliki oleh pengguna. Dengan mengontrol hak terusan kepada pengguna database, kau mampu membatasi hak pengguna kepada sebuah database atau pada sebuah tabel maupun pada field yang ada. Sehingga database mampu menjaga kerahasiaan atau privasinya. Beberapa perintah pada DCL mirip berikut :
Perintah GRANT mampu kamu gunakan ketika ingin menunjukkan hak jalan masuk terhadap pengguna yang lain. Hak susukan yang kau berikan dapat dikelola sesuai dengan kebutuhan bahkan pembatasan kepada perintah DML.
Perintah REVOKE ini yakni kebalikan dari perintah GRANT, perintah REVOKE bisa kau gunakan untuk mencabut hak jalan masuk yang sebelumnya telah diberikan terhadap pengguna.

4. Transaction Control Language (TCL)

Jenis perintah SQL berikutnya yang tak kalah penting yakni transaction control language (TCL). Perintah TCL lazimnya dipakai untuk pengontrolan proses transaksi data yang sungguh sensitif. Yang tergolong ke dalam perintah TCL mirip COMMIT, ROLLBACK dan SET TRANSACTION.
Perintah COMMIT bisa kamu gunakan saat menyelesaikan transaksi data dengan menerapkan pergeseran yang sudah dijalankan secara permanen.
Perintah ROLLBACK mampu kau gunakan dalam membatalkan pergeseran yang sudah dilakukan. Kamu juga mampu membatalkan transaksi pada bagian tertentu dengan memutuskan SAVE POINT.

Fungsi SQL

 aplikasi memerlukan suatu database dalam menyimpan data Apa Itu SQL? Pengertian, Jenis Beserta Fungsinya
Fungsi SQL bahwasanya ada banyak tergantung dari sudut pandang mana yang dipakai. Akan tetapi secara biasa keberadaan SQL selaku bahasa pengelolaan database berfungsi dalam mengelola sebuah data pada database yang digunakan oleh aplikasi. Yang memungkinkan kamu untuk mengubah maupun mengakses database atau melakukan query yang diperlukan.
Baca juga:  Waspada! Sistem Keamanan Rumah Kini Rawan Dijebol Hacker!
Selain dari itu SQL juga berfungsi sebagai penghubung antara aplikasi dengan berbagai database. Karena bahasa SQL hampir disokong oleh aneka macam macam database. Dan juga SQL berfungsi dalam melaksanakan pembuatan database yang kompleks.
banner 336x280
banner 120x600
  • Share