Apa Itu Dan Bagaimana Penerapan Lean Supply Chain Management

Diposting pada

Pengertian Lean Manajemen Rantai Pasokan – Heizer & Rander, 2004, mendefinisikan supply chain management sebagai kegiatan pengelolaan kegiatan dalam rangka mendapat materi mentah yang akan di proses menjadi barang jadi yang kemudian dilakukan prses pengiriman ke pelanggan melalui sistem distribusi.

Lean supply chain management yaitu sebuah sistem dimana aneka macam pihak yang beroperasi saling berafiliasi dan bergantung bersama untuk mencapai target-target di rantai pasokan. Tujuan dari penerapan lean administrasi rantai pasokan (Lean Supply Chain Management) yaitu kalau dilihat dari konsep lean, yang pada dasarnya merupakan pendekatan berbasis kerjasama tim untuk melaksanakan perbaikan terus-menerus dengan fokus utamanya menghilangkan acara tidak bernilai atau pemborosan. Maka penerapan lean supply chain management akan berpedoman pada prinsip lean untuk menyelaraskan acara lintas fungsi perusahaan di dalam perusahaan dan untuk mengelola kekerabatan bisnis dengan pelanggan dan pemasok.

Bagaimana Cara Menerapkan Lean Supply Chain Management Di Perusahaan

 mendefinisikan supply chain management sebagai kegiatan pengelolaan kegiatan dalam rangka Apa Itu dan Bagaimana Penerapan Lean Supply Chain Management

Sebelum menerapkan supply chain management, sangat peru bagi perusahaan untuk melihat 3 inti dalam penerapam LSCM (Lean Supply Chain Management), dan poin-poin penting tersebut adalah:

1. Lean management.

Dalam penerapan lean di perusahaan yang utama dibutuhkan yaitu sebuah taktik (Hoshin Kanri). Program supply chain management bukan hanya sekedar acara untuk manufaktur, akan tetapi diharapkan paradigma dan kalau diharapkan adanya perubahan yang dilakukan di seluruh organisasi, apabila penerapan lean supply chain ingin benar-benar menuai hasil dalam menghulangkan pemborosan serta menambah nilai bagi pelanggan (VA). Makara organisasi di perusahaan harus di lihat dari sudut pandang yang berbeda.

2. Gunakan Prinsip Lean.

Organisasi harus memakai prinsip-pinsip lean sebagai dasar dan landasan dalam penerapan supply chain management. Prinsip dasar lean tersebut berupa:

  • Tentukan suatu nilai dari sudut pandang pelanggan, BUKAN pandangan perusahaan.
  • Buatlah produk dan informasi mengalir dengan lancar.
  • Gunakana Pull system, bukan Push system.
  • Selalu lakukan perbaikan terus-menerus untuk mencapai kesempurnaan pelayanan.

Langkah Penerapan Lean Supply Chain Management

Langkah awal dalam menerapan lean supply chain management yaitu dngan melaksanakan penilaian serta mengukur rantai pasokan dikala ini. Value stream mapping (VSM) yaitu alat visual untuk memilih keadaan supply chain perusahaan dikala ini, untuk mengidentifikasi pemborosan dan meletakkan dasar dalam memilih arus pasokan rantai pasokan di masa depan.

Dengan memetakan keadaan rantai pasokan dikala ini melalui VSM, anda sanggup memakai aneka macam lean tools untuk merancang arus rantai pasokan di masa depan. Keadaan masa depan ini harus meliputi infrastruktur untuk mendukungnya, termasuk pelatihan, budaya, metode kualitas, sistem akuntansi, dan kebijakan investasi.

Lean Tools Dalam Penerapan Lean Supply Chain Management

 mendefinisikan supply chain management sebagai kegiatan pengelolaan kegiatan dalam rangka Apa Itu dan Bagaimana Penerapan Lean Supply Chain Management

Setelah melaksanakan pemetaan terhadap anutan informasi dan produk dengan memakai value steam mapping dengan melihat kondisi rantai pasokan pada dikala ini, maka diharapkan perbaikan dengan mendalami acara proses maupun anutan yang berpotensi menghasilkan sesuati yang tidak bernilai. Gunakan lean tools dalam melaksanakan identifikasi serta perbaikan untuk rencana rantai pasokan yang akan datang, beberapa lean tools yang sanggup dipakai dikala melaksanakan perbaikan, yaitu:

1. Penerapan disiplin 5S, Sort, Straighten, Shine, Standardize, Sustain.

Disiplin dengan memakai sistem 5S, merupakan cara visual untuk mengatur serta menghilangkan pemborosan dengan waktu perhiasan untuk perjalanan ataupun karyawan. Lean tools ini sanggup dipakai pada sentra distribusi dan di perkantoran.

Untuk lebih detail wacana penerapan sistem 5S di perusahaan, silahkan baca juga: Konsep dan Tahapan 5s.

2. Standarisasi.

Pentingnya sebuah standardisasi dalam suatu pekerjaan yang melibatkan proses kerja semoga proses tersebut sanggup lebih efisien dan diikuti untuk memilih siapa, apa, bagaimana, dimana, dan kapan. Lean tools berupa standarisasi pekerjaan membantu perusahaan untuk menyinkronkan waktu yang dibutuhkan untuk menarik dan mengirimkan semua pesanan, dengan takt time dan waktu konkret untuk melaksanakan ini, atau disebut siklus waktu.

Untuk lebih detail wacana Standarisasi, silahkan baca juga: Pekerjaan yang Terstandarisasi

3. Kanban System. 

Menerapkan kanban di perusahaan merupakan cara gres yang unik untuk melihat pemasokan dan penempatan inventaris dalam rantai pasokan. kanban sanggup menyajikan cara untuk mengkoordinasikan proses multi-langkah untuk beberapa produk.

Untuk lebih detail wacana Sistem Kanban, silahkan baca juga: Sistem Kanban serta Prakteknya pada Lean Manufacturing

4. Quick Change Over (QCO)

Rapid setup atau changeover mempunyai aplikasi di area produksi untuk menyesuaikan tata letak produk musiman, produk gres dan perubahan pada produk yang akan di produksi.

Untuk lebih detail wacana QCO, silahkan baca juga: Pengertian Quick Change Over



Kesimpulan: Dalam penerapan Lean Suppay Change Mangement di perusahaan, tidak ada patokan untuk menerapkan satu ataupun beberapa dari lean tools, anda sanggup memakai bermacam-macam alat atau tools dengan menyesuaikan kondisi dari perusahaan dan area yang akan dilakukan perubahan. Pada pada dasarnya yaitu bagaimana cara mengurangi pemborosan dan menambah nilai.

Demikian goresan pena kami wacana Apa Itu dan Bagaimana Penerapan Lean Supply Chain Management. Semoga dengan goresan pena ini sanggup bermanfaat bagi anda yang sedang mencari acuan wacana lean terutama bagi pengunjung setia blogcoretangw.blogspot.com.
Kami ucapkan terimakasih telah menyediakan waktu untuk berkunjung serta membaca goresan pena yang terdapat pada , kalau ada pembahasan yang terlewatkan dari goresan pena kami ataupun ada wangsit maupun masukkan yang terkait dengan goresan pena kali ini, silahkan anda tulis pada kolom komentar yang terdapat pada blog ini.