banner 728x250

Apa Itu Cloudflare? Ini Klarifikasi Lengkapnya

  • Share
banner 468x60

CloudFlare yakni penyuplailayanan Content Delivery Network (CDN) dan juga selaku penyuplaiWeb Security. Berbagai fitur-fitur mutakhir dan keren serta gratis dari Cloudflare mampu Anda peroleh dengan mudah. Menurut beberapa acuan seperti yang tertulis di detik.com, CloudFlare  mengklaim aksesnya lebih singkat dari DNS Google.

Cloudflare ini bahu-membahu bisa dikatakan CDN unggulan kalau daripada CDN lazimnya . Hal ini karena Cloudflare bisa memperlihatkan layanan yang maksimal. Cloudflare sendiri mempunyai banyak sekali macam paket yaitu paket Free ($0/ bulan), Pro ($20/ bulan), Bussiness ($200/ bulan), dan Enterprise (Sesuai janji).

Apa itu CDN?

Mungkin sebagian dari pembaca ada yang masih asing dengan ungkapan CDN itu sendiri, CDN yakni suatu sistem yang hendak menawarkan konten secara cepat terhadap pengguna dan ini ada pada banyak sekali data center di internet. Konten yang disebarkan lewat CDN ini umumnya berbentukkonten statis. Kaprikornus, cara kerjanya yaitu dengan berbagi konten-konten statis web ke beberapa data center yang ada.

banner 336x280

Cara Kerja Cloudflare

Pada saat konten statis di-loading dari web (js, gambar, css, video, dan banyak sekali jenis konten lain) pengguna akan menerima konten secara eksklusif dari lokasi yang terdekat dengan CDN, bukan melalui server web-nya. Dalam hal inilah letak keunggulan Cloudflare, alasannya adalah situs web Anda dapat ter-loading lebih cepat oleh pengguna di manapun berada, anda mirip memiliki beberapa server yang tersebar di seluruh dunia.

Disitus resminya, Cloudflare menjelaskan bahwa mereka mempunyai kapasitas 20 Tbps dan 154 Data Center Global tersebar, khusus di Asia Tenggara terletak di Singapura. CDN sangat disenangi oleh para web developer alasannya mampu mengurangi bandwith hingga 50% besarnya. Jadi, situs web bisa menjadi 2X lebih cepat.
Baca juga:  Remot Komputer Jarak Jauh Anydesk, Aplikasi Alternatif Selain Teamviewer

Khusus daerah Asia, data center Cloudflare ada di negara-negara berikut:

  1. Bangkok, TH
  2. Cebu City, PH
  3. Chennai, IN
  4. Colombo, LK
  5. Hong Kong
  6. Kathmandu, NP
  7. Kuala Lumpur, MY
  8. Macau
  9. Manila, PH
  10. Mumbai, IN
  11. New Delhi, IN
  12. Osaka, JP
  13. Phnom, KH
  14. Seoul, KR
  15. Singapore, SG
  16. Taipei
  17. Tokyo, JP
  18. Ulaanbaatar, MN
  19. Yerevan, AM
Dari daftar negara di atas, ternyata Indonesia belum ada ya?, mungkin suatu saat nanti akan ada juga di Indonesia. 🙂 
banner 336x280
banner 120x600
  • Share