Ambalan Penegak

Diposting pada
 

Pengertian
Kata Ambalan berasal dari bahasa Jawa ambal-ambalan, yakni acara yang dilakukan terus menerus oleh sekelompok orang. Ambalan Penegak mengandung pengertian kiasan dasar yakni acara (bakti dan persaudaraan) yang terus menerus dilakukan dalam menegakkan dan mengisi Kemerdekaan Bangsa. Ambalan atau ambal dalam bahasa Lampung mengandung pengertian karpet indah yang paling lebar yang dipakai untuk bermusyawarah. Ambalan memiliki konotasi lain yaitu sebagai wadah berkumpul melaksanakan suatu musyawarah sebelum melaksanakan kegiatan-kegiatan.

Warga Ambalan
Peserta didik dalam ambalan disebut dengan warga ambalan yang dikelompokan kedalam status keanggotaan sebagai tamu ambalan, calon penegak dan penegak. Tamu Ambalan ialah kelompok penerima didik yang masih mengikuti tahapan percobaan atau perkenalan acara dan latihan di ambalan. Calon Penegak ialah tamu ambalan yang sudah dinyatakan berhasil mengikuti tahap tamu ambalan yang sedang mengikuti acara dan latian serta sedang menempuh SKU Penegak Bantara. Penegak ialah tamu ambalan yan sudah berhasil menempuh SKU Bantara dan telah dilantik menjadi Penegak Bantara.

 Pengelolaan Warga Ambalan

  1. Ambalan Penegak idealnya terdiri atas 12-32 Pramuka Penegak yang dibagi menjadi 3-4 kelompok yang disebut Sangga. 
  2. Ambalan Penegak memakai nama dan lambang yang dipilih mereka sesuai aspirasinya dan mengandung kiasan dasar yang menjadi motivasi kehidupan ambalan
  3. Sangga ialah kelompok berguru interaktif teman sebaya usia antara 16 – 20 tahun yang disebut pramuka penegak. Satu sangga jumlah anggotanya yang terbaik ialah 4 – 8 Pramuka penegak.  Pembentukan sangga dilakukan oleh para pramuka penegak sendiri.  Nama sangga dipilih di antara nama-nama perrntis, Pencoba, Pendobrak, penegas dan pelaksana atau dipilih nama lain sesuai aspirasi mereka. Nama tersebut merupakan identitas sangga dan mengandung kiasan dasar yang sanggup menawarkan motivasi kehidupan sangga.

Sanggakerja
Untuk melaksanakan suatu kiprah atau pekerjaan, Ambalan Penegak sanggup membentuk Sangga Kerja yang anggotanya terdiri atas anggota-anggota sangga yang ada, jumlah anggota diubahsuaikan dengan beban kerja atau kiprah yang diemban. Sangga Kerja bersifat sementara hingga kiprah atau pekerjaan simpulan dilaksanakan.

Badan Pengurus Harian
Dewan Ambalan Penegak dipimpin oleh Badan Pengurus Harian Ambalan yang terdiri dari 1 orang Pradana (dipilih dalam Musyawarah Ambalan), dibantu oleh seorang kerani/sekretaris, 1 orang juru uang/bendahara dan 1 orang juru ada/pemangku adat.

Alat Kelengkapan
Alat kelengkapan Ambalan Penegak terdiri dari : Pembina, Musyawarah Ambalan, Dewan Ambalan Penegak, Badan Pengurus Harian Dewa Ambalan Penegak, Dewam Adat, Dewan Kehormatan, Adat Tradisi Ambalan.

Lihat Entri/Topik terkait :

Gugusdepan Gerakan Pramuka, Satuan Karya Gerakan Pramuka, Perjalanan Bakti Pramuka Penegak, Wadah Pembinaan Pramuka Penegak PandegaAdat Ambalan Penegak dan Racana Pandega, Pembina Penegak, Musyawarah Ambalan, Dewan Ambalan Penegak, Badan Pengurus Harian Dewan Ambalan Penegak,  Dewan Kehormatan Penegak.

 Kata Ambalan berasal dari bahasa Jawa ambal Ambalan Penegak Print this page