banner 728x250

Alasan Kenapa Pilih Ngeblog Menggunakan Blogspot Dibandingkan Domain Tld

  • Share
banner 468x60

Banyak banyak sekali penyedia layanan blog gratis, salah satunya yaitu blogger.com atau blogspot.com. Blog dibawah naungan Google ini sungguh terkenal di dunia blogging. Mungkin anda sebagai hadirin blog saya ini bertanya-tanya, kenapa saya masih ngeblog memakai domain gratisan blogspot dibandingkan memakai domain TLD (Top Level Domain) berbayar mirip misal dotcom (.com),  dotnet (.net), dotxyx (.xyz), dan domain lainnya.

Banyak berbagai penyedia layanan blog gratis Alasan Kenapa Pilih Ngeblog Menggunakan Blogspot Dibandingkan Domain TLD
Alasan mengapa tetap pilih ngeblog menggunakan domain gratis blogspot.com

Saat ini saya mempunyai beberapa domain berbayar TLD. Tetapi, saya juga tetap ngeblog mengunakan domain gratis blogspot.com di blog budioso.blogspot.com ini (dan juga di blogspot lain). Apa alasannya adalah?

banner 336x280

Pendapat orang berlainan-beda, namun bagi saya sendiri, aku ngeblog di blogspot ialah untuk jangka panjang di mana saya tidak perlu khawatir perihal usia domain blogspot. Loh kenapa?

Kalau aku berbelanja domain .com , .net , .xyz , .id ,  .web.id , .my.id , atau domain lainnya, domain tersebut memiliki waktu pakai cuma satu tahun di mana aku perlu memperpanjangnya tiap tahun (bila diharapkan, era perpanjangan juga bisa dilaksanakan sekaligus langsung dalam bertahun-tahun, misal eksklusif saya perpanjang selama dua tahun, tiga tahun, dst).

Lalu bagaimana dengan domain gratis blogspot? Di blogspot.com atau blogger.com ini, usia domain blogspotnya tidak butuhdiperpanjang akan aktif selamanya. Selamanya yang dimaksud di sini adalah, Blogspot akan tetap ada selama Google masih ada dan selama Google masih mengelola blogger.com (blogspot.com) selaku bagian dari bisnisnya. Sepertinya blogspot mampu tetap ada dan terus menjadi bagian usaha dari Google alasannya dengan banyaknya pengguna Blogspot maka Blogspot ialah salah satu kanal distribusi iklan Google Adsense.

Kenapa saya tidak membuat blog budioso.blogspot.com ini menjadi blog custom domain dengan domain TLD?

Memang ada terlintas anutan seperti itu, namun dengan usulanusia domain TLD tadi dan usulanblog tidak mampu diakses dikala domain TLD tidak diperpanjang maka saya menetapkan untuk tetap memakai domain gratis blogspot ini dan tidak di custom domain.

Baca juga:  Sejarah Igi (Ikatan Guru Indonesia) Catatan Dari Sang Pendiri

Pertimbangan lainnya yaitu, kalau saya membeli domain untuk costom domain blog ini kemudian saya bangkit merk domain TLD yang aku beli itu dan brand blog aku telah dikenal kemudian domain TLD yang aku beli itu tidak saya perpanjang nantinya, maka domain TLD tersebut akan dapat dibeli oleh orang lain alasannya adalah ketika domain TLD tidak diperpanjang maka domain TLD sudah kembali menjadi milik biasa dan siapa saja boleh berbelanja domain tersebut. Singkatnya: saya sudah membangun brand blog dengan domain berbayar, sebuah dikala domain tidak saya perpanjang, akhirnya domain dibeli orang lain.

Oh ya ada satu hal lagi, ngeblog dengan domain blogspot tanpa di custom domain, kondusif dari gangguan tidak mampu diakses mirip misal ketika server penyedia domain tiba-tiba down atau sedang ada kendala.

Kira-kira itu ya pertimbangan saya kenapa kok saya tetap ngeblog dengan blog gratisan blogspot daripada ngeblog dengan domain TLD berbayar. Intinya, ngeblog dengan domain blogspot tujuannya biar blog tetap mampu diakses dan tidak expired.

Makara ngeblog baiknya pakai domain gratis atau domain berbayar? Kembali sepenuhnya kepada anda

Semoga berfaedah dan jangan lupa di share ya

banner 336x280
banner 120x600
  • Share