banner 728x250

Air Dalam Kemasan Ini 3.500 Kali Lebih Buruk Daripada Air Keran

  • Share
Air Dalam Kemasan
banner 468x60

Kebanyakan orang lebih memilih air minum kemasan daripada air ledeng karena mudah dibawa dan diminum saat bepergian. Kualitas air keran juga menjadi perhatian.

Air kemasan vs. air ledeng: mana yang terbaik? Dalam hal kesehatan dan lingkungan, ditemukan bahwa dampak air minum kemasan beberapa kali lebih tinggi dari yang diyakini sebelumnya, menurut sebuah studi baru oleh Institut Kesehatan Global Barcelona.

banner 336x280

pasar air minum dalam kemasan secara global berkembang pesat, dengan sekitar 700 juta rumah tangga mengkonsumsi air minum dalam kemasan. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa tren ini sebagian dapat dijelaskan oleh faktor subjektif seperti persepsi risiko, rasa, bau, kurangnya kepercayaan publik kualitas air keran , dan pemasaran oleh perusahaan air minum dalam kemasan.

Studi baru ini berfokus pada tiga pilihan konsumsi air yang berbeda: air kemasan, air ledeng, dan air keran yang disaring.

Kualitas air keran berubah menurut lokasi. Para ilmuwan dalam penelitian ini berfokus pada kota Barcelona karena kekokohan data yang tersedia. Menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA), para ilmuwan memperkirakan kerusakan ekosistem dan ketersediaan sumber daya. Mereka juga menentukan dampak tidak langsung terhadap kesehatan manusia yang berasal dari produksi air kemasan dan air ledeng.

Konsekuensi pada kesehatan manusia diperkirakan menggunakan Health Impact Assessment (HIA). Untuk ini, mereka menggunakan data pola konsumsi air dan kadar senyawa kimia dalam pasokan air.

Ditemukan bahwa jika seluruh penduduk Barcelona memutuskan untuk beralih ke air kemasan, produksi diperlukan akan memakan korban 1,43 spesies yang hilang per tahun dan biaya 83,9 juta USD per tahun karena ekstraksi bahan baku. Ini kira-kira 1.400 kali lebih berdampak pada ekosistem dan 3.500 kali lebih tinggi biaya ekstraksi sumber daya daripada skenario di mana seluruh penduduk akan beralih ke air ledeng.

Baca juga:  Kapan Prakerja Gelombang 18 Dibuka? Ini Bocoran Orang Dalam - LAGIKEPO

Cristina Villanueva, peneliti ISGlobal dan penulis pertama penelitian tersebut, mengatakan, “Kualitas air keran telah meningkat secara substansial di Barcelona sejak penggabungan perawatan lanjutan selama beberapa tahun terakhir. Namun, peningkatan yang signifikan ini belum tercermin dari peningkatan konsumsi air keran, yang menunjukkan bahwa konsumsi air dapat dimotivasi oleh faktor subjektif selain kualitas.”

“Salah satu faktor subjektif ini adalah persepsi adanya senyawa kimia dalam air ledeng. Meskipun benar bahwa air keran mungkin mengandung trihalomethanes (THM) yang berasal dari proses desinfeksi dan bahwa THM terkait dengan kanker kandung kemih, penelitian kami menunjukkan bahwa karena kualitas air keran yang tinggi di Barcelona, risiko kesehatannya kecil, terutama ketika kita memperhitungkan dampak keseluruhan dari air minum kemasan.”

Menurut hasil, beralih ke air ledeng akan menyelamatkan beberapa nyawa dan meningkatkan jumlah tahun kehidupan yang hilang menjadi 309 ( yang sama dengan kira-kira rata-rata 2 jam harapan hidup yang hilang jika ditanggung secara merata oleh semua penduduk Barcelona). Mereka yang peduli dengan kualitas air dapat menambahkan penyaringan domestik ke air ledeng .

Cathryn Tonne , Peneliti ISGlobal dan penulis terakhir studi ini,

mengatakan, “Hasil kami menunjukkan bahwa mempertimbangkan keduanya dampak lingkungan dan kesehatan, air keran adalah pilihan yang lebih baik daripada air kemasan karena air kemasan menghasilkan dampak yang lebih luas. Penggunaan filter domestik dan meningkatkan rasa dan bau air keran dapat secara substansial mengurangi kadar THM dalam beberapa kasus. Untuk alasan ini, air keran yang disaring adalah alternatif yang baik. Meskipun kami tidak memiliki cukup data untuk mengukur dampak lingkungan, kami tahu itu jauh lebih rendah daripada air kemasan.”

“Namun, penulis mengakui bahwa perangkat penyaringan domestik memerlukan perawatan yang memadai untuk kinerja yang tepat dan untuk menghindari proliferasi mikroba.”

Baca juga:  Masuk Ekosistem Grab - Emtek, Bukalapak Fasilitasi Pinjaman untuk UMKM - Startup - lagikepo.com - LAGIKEPO
Referensi Jurnal:
  • Cristina M. Villanueva, Marianna Garfí, Carles Milà, Sergio Olmos, Ivet Ferrer, Cathryn Tonne, Dampak kesehatan dan lingkungan dari pilihan air minum di Barcelona, Spanyol: Studi pemodelan, Science of The Total Environment, Volume 795, 2021, 148884, DOI:
  • 10.1016/j.scitotenv.2021.148884

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share