Agnes Baden-Powell

Diposting pada
Agnes Baden-Powell (lahir di Inggris, 16 Desember 1858 – meninggal di Inggris, 2 Juni 1945 pada umur 86 tahun) ialah saudara wanita Robert Baden-Powell aktivis Gerakan Kepanduan. Agnes Baden-Powell dikenal sebab kontribusinya dalam Gerakan Kepanduan Putri bersama kakaknya, Robert Baden-Powell.

Riwayat Hidup

Ia ialah anak ke-9 dari sepuluh bersaudara, dan anak wanita ke-3 dari Rev. Baden Powell dan Henrietta Grace Smyth. Pada ketika dia berumur 2 tahun, ayahnya meninggal dunia, dan untuk menghormatinya, ibunya menambahkan nama “Baden” pada nama keluarga mereka sehingga menjadi Baden-Powell. Sejak kecil, Agnes Baden-Powell sudah membuktikan ketertarikannya terhadap banyak sekali bidang, dia tumbuh sebagai musikus, bermain organ, piano dan biola, menguasai 11 bahasa dan dia juga mempunyai ketertarikan dalam ilmu alam dan astronomi Bahkan bersama kakaknya Baden Fletcher Smyth Baden-Powell, dia pernah menciptakan balon udara dan terbang bersama-sama. Ia juga tercatat sebagai anggota kehormatan the Royal Aeronautical Society dari tahun 1938. Ia juga pernah menjadi Ketua Divisi Palang Merah Westminster.
Pada tahun 1908, dia mengikuti kakaknya, Robert Baden-Powell membentuk sekelompok kecil anak putri yang bisa bertindak pada ketika darurat, dia menamakan “Girls’ Emergency Corps”. Tahun 1909, ketika para pandu putra mengadakan rally di Crystal Palace, London, para pandu putri ini berkumpul dan berharap untuk bergabung bersama. Akhirnya Robert Baden-Powell meminta pinjaman Agnes untuk mengorganisir mereka, bersama-sama, mereka menerbitkan Pamphlet A dan Pamphlet B, panduan untuk kepanduan putri. Tahun 1910, Agnes dan beberapa temannya membentuk komite untuk mengorganisasi Kepanduan Putri dengan Agnes sebagai Presidennya, mereka mulai menempati ruangan kantor di Markas Besar kepanduan putra. Baden-Powell meminjam uang untuk menyewa ruangan ini.
Pada tahun 1920, dia mengundurkan diri sebagai Presiden dan memperlihatkan kesempatan kepada Putri Mary, putri dari Raja George V untuk menjabat sebagai Presiden. Ia menjabat sebagai wakil Presiden sampai dia meninggal di tahun 1945.

Powell dikenal sebab kontribusinya dalam Gerakan Kepanduan Putri bersama kakaknya Agnes Baden-Powell Print this page