banner 728x250

8 Sayuran untuk Ibu Hamil dan Cara Mengolahnya – Lifestyle – lagikepo.com – LAGIKEPO

  • Share
8 Sayuran untuk Ibu Hamil dan Cara Mengolahnya - Lifestyle Katadata.co.id
banner 468x60



LAGIKEPO |

Sayur-sayuran memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Khusus ibu hamil, sayuran ini berperan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan membantu dalam perkembangan serta pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

banner 336x280

Sayuran Sehat untuk Ibu Hamil

Di pasaran, ada banyak sekali jenis sayur. Meskipun semua sayuran baik untuk kesehatan namun ada beberapa sayuran yang paling direkomendasikan untuk konsumsi harian ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis sayuran untuk ibu hamil.

1. Tomat

Tomat memiliki asam folat yang baik untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi di dalam tomat juga bisa membantu pertumbuhan jaringan dan sel pada janin.

2. Selada

Selada menjadi pilihan sayuran untuk ibu hamil berikutnya karena memiliki kandungan asam folat. Kandungan asam folat inilah yang bisa mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi.

3. Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin, serat, asam folat, dan kalsium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan jaringan dan sel pada bayi serta mencegah cacat lahir pada bayi.

4. Brokoli

Sayuran untuk ibu hamil selanjutnya yaitu brokoli. Sayur ini kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin K, serat, kalium zat besi, kalsium, dan asam folat. Nutrisi di dalam brokoli ini yang bisa mencegah sembelit dan mencegah berat badan bayi terlalu rendah saat dilahirkan.

5. Kale

Kale memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kale juga memiliki kandungan vitamin K yang beperan penting dalam pembekuan darah saat bayi lahir.

6. Ubu Jalar

Sayuran untuk ibu hamil ini mengandungan vitamin A , vitamin C, dan vitamin B6. Kandungan vitamin A baik dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang, paru-paru, mata, dan kulit pada bayi. Sementara itu, kandungan vitamin B6 bisa mengatasi morning sickness.

Baca juga:  Yunias Setiawati : Covid-19 Berdampak Buruk pada Mental Tenaga Kesehatan, Apa Solusinya? - Opini - lagikepo.com - LAGIKEPO

7. Kacang-kacangan

Ada berbagai jenis kacang yang baik unutk kesehatan ibu hamil seperti kacang tanah, kacang polong, dan kacang hijau. Dalam kacang-kacangan umumnya memiliki kandungan asam folat, kalium, magensium, zat besi, dan serat yang bisa mencegaj sembelit serta wasir pada ibu hamil.

8. Bit

Sayur untuk ibu hamil berikutnya yaitu bit. Sayuran dengan warna merah keunguan ini ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin C, asam folat, serta zat besi yang baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil.

Cara Mengolah Sayuran untuk Ibu Hamil

Meskipun kaya akan nutrisi dan vitamin, namun jika diolah tidak benar bisa menyebabkan kandungan baik tersebut akan hilang. Sayuran untuk ibu hamil harus diolah terlebih dahulu dengan dikukus, direbus, panggang, atau tumis. Jangan konsumsi sayuran dalam keadaan mentah karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu hamil.

Untuk mengolah sayuran khusus ibu hamil, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Berikut penjelasannya:

  1. Pastikan sayuran sudah dicuci bersih. Cuci sayuran dibawah air mengalir dan bersihkan hingga ke sela-sela agar tanah yang menempel benar-benar hilang.
  2. Jangan cuci menggunakan sabun atau sejenisnya.
  3. Sebelum mengolah sayuran, pastikan sudah cuci tangan dan seluruh perlengkapan yang hendak digunakan juga sudah dalam keadaan bersih.
  4. Untuk memotong sayur, pastikan menggunakan telenan dan pisau yang berbeda dari talenen dan pisau yang telah digunakan untuk memotong daging. Hal ini dilakukan untuk menghindari konstaminasi bakteri.

Demikian beberapa pilihan sayuran untuk ibu hamil beserta cara mengolahnya. Selain sayur diatas, ibu hamil juga harus mendapatkan nutrisi dari sumber makanan lainnya. Pastikan nutrisi dan vitamin terpenuhi agar ibu hamil dan bayinya tetap sehat.

Baca juga:  Top Anies! Kasus Aktif Covid Jakarta Tinggal 8.000-an - LAGIKEPO

2021-08-17 11:20:00

Source link

banner 336x280
banner 120x600
  • Share