6 Mata Kuliah Wajib Di Jurusan Keperawatan

Diposting pada

Selain bidang pendidikan, kuliah di bidang kesehatan khususnya jurusan keperawatan dari dahulu hingga dengan ketika ini masih banyak diminati oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan peluang kerja bidang keperawatan masih dibilang cukup banyak. Terlebih ketika ini, di periode layanan Jaminan Kesehatan Nasional yang semakin baik dan semakin dibenahi, jumlah kebutuhan tenaga keperawatan semakin meningkat. Hal itu dikarenakan banyaknya didirikan klinik pratama yang notabene membutuhkan tenaga keperawatan untuk mendukung layanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Berbicara kuliah di jurusan keperawatan, mungkin sebagian bertanya-tanya, apa saja mata kuliah apa saja yang diajarkan di fakultas Keperawatan??. Terlebih bagi mereka yang ingin sekali masuk ke jurusan keperawatan. Sebagian besar mungkin belum mengetahui mata perkuliahan apa yang akan mereka dapatkan di jurusan Keperawatan nanti. Apakah sama dengan mata perkuliahan yang diajarkan di jurusan kebidanan atau kedokteran ?.  Jawabnya adalah, sebagian sama.

Baca juga : 5 Syarat utama masuk Fakultas Kedokteran yang wajib dipenuhi

Meskipun perawat, dokter, bidan merupakan profesi yang berbeda, namun ada beberapa mata kuliah yang sama-sama diajarkan di masing-masing jurusan. Yang membedakan ialah jumlah “porsinya”. Beberapa mata kuliah yang sama-sama diajarkan di ketiga jurusan tadi diantaranya : Anatomi dan Fisiologi, Maternitas dan Farmakologi. Nah selain itu ada beberapa mata kuliah lainnya yang mungkin rekan-rekan ketahui sebelum masuk ke jurusan ini. Berikut 6 mata kuliah di fakultas keperawatan yang berhasil kami rangkum :

6 Mata Kuliah wajib di jurusan Keperawatan

1. KDK ( Konsep Dasar Keperawatan ).

Mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah wajib di Ilmu Keperawatan. Dalam mata kuliah KDK, kita akan banyak mencar ilmu mengenai bahan dan konsep dasar keperawatan yang berkembang dari masa ke masa. Sejarah ilmu keperawatan, proses keperawatan serta teori keperawatan. Mata kuliah ini biasanya diberikan di awal semester sebelum mata kuliah lainnya diberikan.

2. Anatomi dan Fisiologi.

Anatomi dan fisiologi menjadi mata kuliah wajib selain mata kuliah yang telah disebutkan. Bila sebelumnya, ketika duduk di kursi Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas kita diajarkan mengenai sistem pergerakan badan insan ibarat fungsi rangka serta bagian-bagiannya. Maka di mata kuliah anatomi dan fisiologi kita akan mempelajari lebih dalam dan lebih detail lagi, baik itu bagian-bagian badan insan serta fungsi dari bagian-bagian tersebut. Mata kuliah ini menjadi mata kuliah yang bagi penulis cukup berat. Berat sebab terdiri dari banyak SKS serta membutuhkan ingatan yang yang cukup kuat.  Kita harus menghafalkan bagian-bagian badan beserta nama latin, juga fungsi dari bagian-bagian tersebut.

3. Farmakologi. 

Tidak hanya dokter dan apoteker saja, di Ilmu Keperawatan kita juga mencar ilmu mengenai obat-obatan. Namun tidak ibarat di fakultas farmasi, dimana mahasiswa dituntut untuk sanggup meracik dan menciptakan obat. Atau di fakultas kedokteran yang mana mahasiswanya harus sanggup memperlihatkan resep pada pasien. Di Ilmu Keperawatan kita lebih banyak mencar ilmu mengenai jenis obat-obatan, cara menghitung takaran obat, serta cara dukungan kepada pasien. Hal ini sangat penting, sebab di beberapa tempat di Indonesia masih ada tempat yang minim akan tenaga dokter. Oleh akibatnya dengan terpaksa, beberapa perawat di tempat tertentu dengan seijin atau dengan delegasi dari dokter, mereka memperlihatkan resep bagi pasien. Oleh akibatnya penting bagi calon perawat mencar ilmu farmakologi, dengan harapan, mereka siap ditugaskan di tempat-tempat yang minim akan kemudahan medis termasuk SDMnya.

4. Keperawatan Medikal Bedah. 

Di beberapa Sekolah Tinggi Kesehatan, mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah menjadi salah satu mata kuliah yang diunggulkan selain keperawatan Gawat Darurat. Hal itu mengingat kebutuhan perawat yang memiliki keterampilan bedah semakin banyak. Keperawatan medikal bedah juga memiliki bobot SKS yang cukup banyak bila dibandingkan dengan mata kuliah lainnya. Di keperawatan medical bedah kita akan mempelajari banyak sekali macam kasus atau penyakit yang memerlukan tindakan medis dan memerlukan tindakan pembedahan. Memang kita tidak diajarkan untuk melaksanakan tindakan pembedahan, melainkan perawatan pasien dengan post tindakan bedah serta fokus menjadi ajun dokter bedah.

5. Perawatan Jiwa. 

Mata kuliah keperawatan jiwa juga menjadi mata kuliah wajib yang diajarkan bila kau masuk ke jurusan keperawatan. Yang menjadi pertanyaan, mengapa kita harus mempelajari ihwal ilmu dan keperawatan jiwa ? Di dalam layanan keperawatan, fokus layanan kita ialah pasien. Kita ketahui bersama, pasien ialah eksklusif yang terdiri dari aspek jasmani maupun rohani. Apabila dari sisi piskis atau rohani seseorang mengalami gangguan kejiwaan, kita sanggup berperan aktif memperlihatkan layanan keperawatan dengan beberapa pendekatan-pendekatan khusus. Sehingga klien yang mengalami gangguan jiwa sanggup setidaknya mengendalikan dirinya dan memperoleh kesembuhan.

6. Keperawatan Maternitas. 

Seperti yang telah disebutkan bahwa ada beberapa mata kuliah di keperawatan yang sama dengan mata kuliah di jurusan kebidanan. Salah satunya ialah keperawatan maternitas. Keperawatan maternitas sendiri merupakan pelayanan professional yang ditujukan untuk perempuan pada masa subur ( WUS ) berkaitan dengan system reproduksi, baik itu ketika mengandung, melahirkan serta masa 40 hari pertama sehabis melahirkan. Di keperawatan maternitas, kita calon perawat diajarkan cara merawat ibu hamil, cara merawat bayi gres lahir serta cara menolong persalinan. Hal itu berlaku untuk semua, tidak terkecuali perawat laki-laki. Menolong persalinan seringkali dijadikan perasat atau kompetensi wajib bagi calon perawat untuk sanggup lulus di mata kuliah ini. Oleh karenanya, dengan segala upaya harus kita lakukan semoga sanggup setidaknya menolong persalinan 1x baik itu di rumah sakit, puskesmas ataupun rumah bersalin.

Baca juga : Pengertian Ilmu Kimia lengkap dengan Jenisnya berdasarkan para Ahli

Itulah 6 mata kuliah wajib yang kita peroleh ketika kuliah di jurusan keperawatan. Masih ada banyak mata kuliah yang kita perolej di jurusan ini, ibarat komunikasi, Kebutuhan Dasar Manusia, Microbiologi, serta Bahasa Inggris. Setiap mata kuliah memiliki jumlah SKS yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Semoga artikel ini sanggup memperlihatkan sedikit gambaran, terutama untuk rekan-rekan yang ingin masuk ke sekolah perawat. Untuk gosip kuliah di keperawatan lainnya, rekan-rekan sanggup membaca yosefpedia.com. Disana rekan-rekan sanggup mengetahui lebih banyak lagi gosip mengenai kuliah di jurusan keperawatan. Salam. LagiKepo.com