banner 728x250

6 Kiat Bagaimana Cara Update Status Promosi Berdagang Di Grup Facebook

  • Share
banner 468x60

Menawarkan produk, barang, atau jasa pada kandidat konsumen di sosial media sudah menjadi kegiatan dalam keseharian kita yang terjun di dunia marketing. Facebook adalah salah satunya. Di Facebook sendiri, Facebook menawarkan fitur grup di mana kini berbagai grup-grup yang dibuat oleh pengguna Facebook mulai dari grup fashion, alumni, masakan, sampai grup hobi atau komunitas.

Bagi yang telah bergabung dalam suatu grup di Facebook tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Facebook Grup. Namun adakah yang penting untuk dicermati dalam aktifitas berdagang di dalam grup Facebook?

banner 336x280
 atau jasa pada calon konsumen di sosial media sudah menjadi kegiatan dalam keseharian kit 6 Tips Bagaimana Cara Update Status Promosi Berjualan Di Grup Facebook
Tips langkah bagaimana cara posting update status penawaran spesial berdagang di grup Facebook yang efektif dan benar

Hal Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Berpromosi / Berjualan Di Grup Facebook

Berikut di bawah ini yaitu beberapa poin yang perlu dihindari dan seharusnya tidak diabaikan dalam kegiatan berjualan di sosial media Facebook Grup

1. Pilih Target Konsumen Berdasarkan Lokasi

Berdasarkan ruang lingkup penjualan anda, sebaiknya pilih grup di Facebook sesuai jangkauan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Misalnya anda memproduksi dan menjual produk kuliner dan produk anda tidak tahan lama yaitu berupa kuliner siap saji yang dalam jangkauannya tidak dapat mencapai lokasi yang jauh maka anda seharusnya memilih grup yang radius jangkauannya sesuai dengan lokasi anda.

Contoh kalau anda menjual produk kuliner dan konsumen anda hanya bisa dilayani di kawasan Depok, maka anda dapat bergabung ke grup Facebook khusus area Depok misal Grup Facebook Kuliner Depok.

Sebaliknya jika produk yang mau dijual di Fb grup dapat meraih seluruh daerah di Indonesia maka anda dapat bergabung ke banyak sekali macam grup dari tiap lokasi yang ada di Indonesia.

2. Perhatikan Jenis Grup Dan Sesuaikan

Banyak sekali kita peroleh grup yang ada di sosial media Facebook. Jika anda ingin memasarkan produk masakan maka bergabunglah dan posting status daganganda di grup masakan.

Tetapi, jangan hingga contohnya anda memiliki suku cadang kendaraan, kemudian anda bergabung di grup kuliner dan anda memposting memperlihatkan sparepart kendaraan di grup masakan. Misalkan anda memang hendak menjual sparepart kendaraan maka anda dapat bergabung di grup otomotif, di grup komunitas kendaraan beroda empat atau motor, atau anda mampu bergabung di grup umum yang menjual aneka barang dan jasa.

Baca juga:  Download Kamus Bahasa Indonesia Modern Format Pdf 1490 Halaman

Hal-hal yang masih berhubungan dengan tema atau jenis grup biasanya masih diperbolehkan dan disetujui admin Facebook grup untuk tampil. Misalkan anda bergabung di grup masakan namun anda tidak mempunyai produk masakan maka anda dapat memberikan di grup tersebut kios untuk disewakan yang dapat digunakan untuk berdagang atau anda dapat menawarkan perlengkapan memasak untuk buatan masakan atau minuman, atau materi baku yang berhubungan dengan keperluan bikinan dan penjualan di bidang kuliner.

Apa akhirnya jikalau tetap memposting status dagangbukan di grup yang cocok?

  1. Postingan anda akan dihapus oleh admin grup.
  2. Jika pun artikel tersebut pribadi muncul tanpa dimoderasi atau difilter oleh admin, maka artikel tersebut akan mengganggu anggota lain di grup tersebut alasannya tidak sesuai.
  3. Kemungkinan terburuknya, anda akan di banned (diblokir) dari grup di mana anda tidak mampu lagi menyaksikan dan mengakses grup tersebut.

3. Ikuti Aturan Grup

Lain daerah lain peraturan. Begitu juga dengan grup Facebook. Tiap-tiap grup niscaya mempunyai peraturannya masing-masing.

Beberapa pola peraturan grup yang biasanya ada lazimnya yakni

  • Dilarang memposting sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan grup
  • Tidak boleh berdagang
  • Tidak boleh menambahkan link
  • Jika berdagang diputuskan harinya pada hari apa dan dalam mempostingnya diberi tagar khusus

    dan masih banyak aturan yang lain.

    Dampak yang muncul akhir tidak mengindahkan larangan atau standar di grup Facebook sama seperti poin nomer 2 di atas. Maka dikala anda masuk atau bergabung dengan sebuah grup langkah awal yang harus anda kerjakan ialah membaca dan mematuhi peraturan yang ditetapkan di grup tersebut.

    4. Baiknya Jangan Menggunakan Tanggal

    Jumlah member atau anggota grup Facebook berrmacam-macam dari puluhan, ratusan, ribuan, sampai ratusan ribu anggota.

    Baca juga:  Minta Gratisan? Rancangan Grafis Bukanlah Desain Gratis

    Pada bahasan poin mengapa jangan memakai tanggal saat memposting di grup Facebook ini ialah khusus untuk kasus di mana posting yang dilaksanakan oleh anggota perlu persetujuan admin apalagi dulu untuk timbul dan kalau admin menyetujui maka postingan tersebut akan diklik oleh admin dan gres akan timbul di beranda grup.

    Jangan memakai tanggal sebaiknya dilaksanakan kalau anggota grup tersebut sangatlah banyak.

    Misalkan begini,

    Hari ini tanggal 4 April, kemudian pada tanggal 4 April ini anda memposting produk anda di grup Facebook dan anda juga mencantumkan berita di postingan anda tersebut bahwa akan ada promo esok hari pada tanggal 5 April.

    Dengan anggota grup yang banyak maka antrian postingan yang antri untuk timbul di grup dan memerlukan kesepakatan admin terlebih dulu pasti jumlahnya tidak sedikit. Dalam keadaan demikian besar kemungkinan artikel anda tidak akan timbul tepat di tanggal 5 April atau bahkan tidak mampu eksklusif muncul pada tanggal 4 April.

    Selain aspek antrian, faktor lain yang menyebabkan artikel anda telat muncul yakni eksistensi admin yang belum pasti selama 24 jam standby memantau postingan yang perlu disetujui di Facebook grup.

    Pada saat postingan anda baru dibaca oleh admin untuk disetujui sebab disebabkan adanya antrian atau alasannya admin gres standby, kalau admin melihat postingan anda tanggal promonya telah terlewat maka admin tentu tidak akan menyepakati artikel anda untuk tampil di grup dengan usulantanggal promonya telah terlewat.

    Apa solusinya?

    • Jangan menaruh tanggal
      Dengan demikian ketika-waktu postingan anda disetujui admin maka tidak akan ada masalah tentang tanggal yang terlewat.
    • Postinglah jauh hari jikalau memang ingin mengunakan tanggal
      Jika memang anda betul-betul ingin mencantumkan tanggal maka semestinya anda memposting jauh-jauh hari dari tanggal promo sehingga ketika admin melihat postingan anda maka postingan anda layak disetujui dan ditampilkan karena tanggal promonya masih lama atau tanggalnya belum terlewat.

    5. Jangan Gunakan Foto Yang Sama

    Penahkah anda melihat iklan di sosial media atau di grup Facebook yang foto produknya senantiasa sama dan terkesan fotonya itu-itu saja? Apa yang anda rasakan? Bosan bukan?

    Baca juga:  Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Handphone Asus Zenfone Max Yang Hang Atau Tidak Jalan

    Itulah yang perlu kita hindari dalam mengiklankan produk. Jika pun anda berniat senantiasa mempromosikan produk yang sama, pastikan ketika mengambil foto produk anda, ambilah foto dari sudut yang berlawanan-beda misalkan posting hari ini foto produknya sempurna dari depan, foto untuk posting di hari lain pengambilan fotonya dari depan tetapi agak ke atas dan di hari berikutnya dari sudut lainnya atau anda mampu juga menggunakan akseroris perhiasan untuk mempercantik produk pada foto.

    6. Jangan Sering Posting Berulang

    Usahakan jangan terlalu sering memposting di grup apalagi jikalau fotonya sama dan konten kalimatnya juga sama persis.

    Misalkan anda posisinya selaku admin grup Facebook, tentu ketika anda menyaksikan beberapa artikel yang akan disetujui berasal dari orang yang sama, fotonya sama, teks kalimatnya pun sama, maka tentu anda akan menangguhkan (atau bahkan menghapus) artikel tersebut untuk tampil dengan pertimbangan bahwa konten atau artikel ini telah pernah disetujui sebelumnya dan akan terlalu banyak postingan ini timbul di grup jika postingan ini disetujui.

    Apa jalan keluarnya?

    • Jangan gunakan kalimat yang serupa, anda mampu memodifikasi kalimatnya tanpa menghemat makna promosi dari kalimat tersebut. 
    • Walau gambar, foto atau, teks kalimat semua telah berlawanan dan tidak ada yang serupa, berilah jeda saat mempostingnya di grup misal dalam beberapa hari sekali alasannya adalah admin juga akan menyaksikan posting yang diupload terlalu sering akan dianggap sebagai spam.

    Kesimpulan

    Penggunaan grup Facebook sungguh berfaedah apalagi bila jumlah member grupnya lumayan banyak.

    Dengan jumlah member yang banyak maka potensi produk yang di promosikan akan terbuka lebar untuk dilihat oleh banyak orang di grup tersebut.

    Namun hal lain yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan anggota di dalam grup Facebook tersebut jangan sampai anggota grup merasa tidak nyaman dan bosan dengan iklan yang sama sebab konten di posting secara berulang-ulang.

    banner 336x280
    banner 120x600
    • Share