banner 728x250

5 Menit Membuat Soal Online, Cobaan Online Tanpa “Nyontek” Siap Dikerjakan Di Sekolah

  • Share
banner 468x60

Salah satu fitur keren yang ditujukan untuk dunia pendidikan di Google Drive adalah adanya fitur pembuatan kuis yang mampu di setting pada penggunaan google formulir. Artikel yang berisi panduan ihwal pembuatan soal online di blog ini sering sekali aku diskusikan. Apa bedanya dengan postingan kali ini?, silahkan simak sampai tuntas postingan ini, ikuti tahap demi tahap dan praktekan.


Pada postingan ini akan saya bahas:

banner 336x280
  1. Bagaimana cara gampang dan cepat menciptakan soal online dengan password menggunakan google formulir (3 menit),
  2. Membuat QR Code link soal online (1 menit), 
  3. Mengamankan Ujian Online dengan Mung Exambro (1 menit).

#1.  Tiga Menit Pertama – Membuat Soal Online

1. Buka drive.google.com, login dengan akun google, Klik Baru – Lainnya – Google Formulir

2. Klik icon gerigi pojok kanan atas – Klik tab KUIS – Klik Jadikan ini sebagai kuis – Klik tombol SIMPAN. Pengaturan pada tab lain, silahkan berkreasi, centang sesuai keperluan, misal pada tab PRESENTASI anda mampu mencentang fitur acak urutan pertanyaan, dll.

3. Tuliskan judul Soal Online dan buatlah halaman identitas, nama lengkap (jawaban singkat), nis (jawaban singkat), kelas (drop down).

Masih di halaman identitas, tambahkan balasan singkat, beri informasi (1) Tulis Token/ Password, (3) Klik titik tiga pojok bawah, (4) klik Validasi respons , (5) Aktifkan tanda wajib diisi

Sebagai pola: (1) Pilih angka, (2) pilih sama dengan, (3) isi dengan angka “123”, (4) tulis respon kegagalan input token, perhatikan gambar:

Hasil pembuatan halaman pengisian identitas siswa (bab satu) seperti gambar berikut:

Tambahkan bab kedua untuk menuliskan soal online, klik icon seperti gambar yang ada di kanan bawah

Silahkan anda buat soal sesuai keperluan, sebagai teladan buat soal sebanyak 10 soal, untuk memberi kunci dan skor balasan benar, klik tombol Kunci Jawaban di bawah opsi balasan;

Setelah tamat menciptakan soal, klik tombol KIRIM – klik icon tautan/ link untuk menerima LINK soal online.

Sampai tahap ini kita telah selesai membuat soal online, dan link soal online telah kita peroleh, cuma saja link tersebut terlalu panjang dan akan sungguh menyibukkan saat akan membagikan ke siswa. Kita bisa memperpendek link soal online dengan menggunakan fasilitas yang diberikan situs bit.ly atau mampu juga berbagi QR Code link soal online. Pada postingan ini akan aku bahas menciptakan QR code.

Baca juga:  Cara Mudah Menciptakan Bot Whatsapp, Gratis!

Untuk memperpendek URL soal online dengan akomodasi yang diberikan bit.ly, anda hanya cukup buka situs bit.ly, untuk pertama kali silahkan anda registrasi gratis hal ini bermaksud semoga koleksi link anda akan tersimpan di akun anda, untuk mempermudah registrasi anda mampu memakai akun google anda.

Klik tombol Create

Paste/ tempel URL soal online yang sudah anda dapatkan dari google drive:

Anda akan mendapatkan URL gres yang telah diperpendek, biasanya akan berisi teks acak, disini anda mampu juga mengubah teks acak dengan teks sesuka anda, jangan lupa untuk klik tombol SAVE untuk menyimpan hasil perubahannya, contohnya mirip gambar di bawah ini:

#2.  Satu Menit – Membuat QR Code Link Soal Online

Tahap ini kita akan menciptakan QR Code link soal online yang sudah kita buat sebelumnya,
1. Buka situs qrcode-monkey.com
2. Klik tab hidangan TEXT lalu paste link soal online dari google drive.

3. Hapus tulisan https:// (tujuan abolisi tulisan https:// pada link soal online, biar tidak error saat qr code di scan memakai aplikasi Mung Exambro) lalu klik tombol Create QR Code, berikutnya klik tombol Download PNG untuk mengunduh gambar QR Code link soal online yang bisa anda cetak.

#3. Satu Menit – Mengamankan Ujian Online dengan Mung Exambro

Aplikasi android Mung Exambro aku sediakan gratis di Playstore semoga bisa dimanfaatkan guru, siswa di Indonesia dalam pelaksanaan cobaan online.

Aplikasi ini berfungsi menscan QR Code link soal online, dan juga bisa menghemat kecurangan dikala cobaan online seperti membuka aplikasi untuk browsing, chating, dll.

Masing-masing hp siswa diwajibkan mendownload dan install aplikasi Mung Exambro (ukuran file 2 MB) lewat playstore:

Setelah selesai download dan install aplikasi, buka aplikasi Mung Exambro, klik tombol SCAN QR CODE ALAMAT SERVER (untuk pertama kali, izinkan penggunaan camera).

Arahkan pada QR Code yang sudah dibuat dan cetak, soal online akan tampil di layar hp siswa dan siap untuk dikerjakan. Setelah masuk ke soal hp siswa akan terkunci dari aktifitas membuka aplikasi lain, seperti browsing, chating, telpon, sms, dll.

Baca juga:  Cara Membuat Homepage Statis Di Blogspot

Untuk kotak “Masukkan Alamat Server”, kalau anda menggunakan alamat soal online yang telah diperpendek dengan bit.ly, silahkan anda masukan tanpa di awali dengan https://, melainkan langsung anda ketik bit.ly/soalonline dan tekan tombol LANJUTKAN untuk masuk ke soal online.

Demikian, agar berfaedah.

Video tutorial selaku komplemen dan memperjelas postingan ini silahkan simak di tautan berikut:

  1. Cara Membuat Soal Online dan Mengelola Hasil Jawaban Siswa: bit.ly/soalgd19
  2. Video Cara Merekap Hasil Pekerjaan Siswa dengan Rumus Vlookup: bit.ly/soalvlook
  3. Video 5 menit membuat soal online: bit.ly/5menitsoal
banner 336x280
banner 120x600
  • Share