Categories: Tutorial

Cara Mudah Mengubah Video Landscape Ke Portrait

Bingung bagaimana cara mengubah video landscape ke portrait? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Memiliki video yang salah format dapat membuat video tersebut terlihat kurang profesional. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengubah video landscape ke portrait dengan mudah dan cepat.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi khusus untuk mengubah format video. Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik sederhana yang dapat membantu Anda mengubah format video landscape ke portrait dalam hitungan menit.

Jadi, untuk Anda yang ingin membuat video Instagram yang ideal, atau ingin mengubah format video demi tujuan lainnya, simak artikel ini sampai selesai. Kami akan memberikan panduan singkat dan tips yang mudah diikuti bagi Anda.


“Cara Membuat Video Landscape Menjadi Portrait” ~ bbaz

Mengapa Perlu Mengubah Video Landscape Ke Portrait?

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, ponsel pintar telah menjadi satu-satunya media untuk menonton video. Banyaknya platform sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan YouTube yang diakses melalui ponsel pintar membuat pengguna harus menjaga ukuran video agar sesuai dengan tampilan layar. Namun, sebagian besar video yang dihasilkan pada umumnya berukuran landscape. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan tampilan video di layar ponsel, kita perlu mengubah video landscape menjadi portrait.

Langkah Mudah Mengubah Video Landscape Ke Portrait

Berikut beberapa langkah mudah mengubah video landscape ke portrait:

1. Download Aplikasi Pengubah Video

Untuk mengubah video landscape ke portrait, kita perlu menggunakan aplikasi pengubah video. Ada banyak aplikasi pengubah video yang dapat kita unduh melalui Play Store seperti KineMaster, InShot, VidTrim, dan beberapa lainnya. Di dalam aplikasi tersebut, terdapat fitur yang dapat dijadikan sebagai pengubah orientasi video.

2. Buka Aplikasi Pengubah Video

Setelah mengunduh aplikasi pengubah video, buka aplikasi tersebut untuk memulai prosesnya. Kamu akan disuguhi dengan layar utama dari aplikasi yang kamu gunakan. Kemudian klik New Project.

3. Import Video

Setelah kamu membuat project baru, kamu bisa import video yang akan diubah. Kamu cukup klik import lalu pilih video landscape yang ingin diubah orientasinya menjadi portrait.

4. Pilih Orientasi Portrait

Setelah video terimport ke dalam aplikasi pengubah video, kamu bisa memilih mode portait untuk mengubah orientasi video tersebut. Biasanya pada aplikasi pengubah video ada icon yang menandakan mode potrait.

5. Potong Video jika Diperlukan

Dalam pengubahan orientasi video, ukuran video mungkin akan terpotong. Oleh karena itu, jika ada bagian dalam video yang dirasa penting dan tidak ingin terpotong, kamu bisa memilih fitur pemotongan video. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memotong bagian video yang tidak penting, atau hanya memilih bagian yang ingin kamu tampilkan saja.

6. Ubah Ukuran Video Menjadi Portrait

Setelah melakukan pemotongan video yang diperlukan, kamu bisa mengubah orientasi video menjadi potrait. Tekan tombol orientasi potrait hingga video mengisi layar portrait. Setelah itu simpan video baru yang sudah berorientasi potrait.

Tabel Perbandingan Aplikasi Pengubah Video

Berikut adalah tabel perbandingan beberapa aplikasi pengubah video untuk mengubah orientasi video landscape menjadi portrait:

Aplikasi Fitur Kelebihan Kekurangan
KineMaster Mengubah orientasi video, Editing Video, Fitur Color Correction, Audio Mixing Fitur Color Correction, Audio Mixing yang mudah digunakan Memerlukan spesifikasi handphone yang memadai
InShot Mengubah orientasi video, Editing video, Fitur Color Correction, Audio Mixing Interfacenya yang user friendly Seringkali terdapat iklan pada aplikasi tersebut yang cukup mengganggu penggunanya
VidTrim Mengubah orientasi video, Frame grabbing, Mengedit durasi video, dan menyimpan dalam berbagai macam format video Mudah digunakan dan tidak terlalu rumit bagi pengguna yang baru belajar Hanya tersedia dalam versi gratis, sehingga tidak semua fitur dapat digunakan

Opini Pengguna Tentang Cara Mudah Mengubah Video Landscape Ke Portrait

Mengubah orientasi video dari landscape menjadi portrait sangatlah penting ketika ingin memposting video di sosial media agar terlihat lebih baik. Menurut Anda, aplikasi apa yang paling cocok untuk digunakan para pemula? Katakan pendapatmu dengan membagikan pengalamanmu pada kolom komentar di bawah ini.

Sekian tutorial mengenai cara mudah mengubah video landscape ke portrait tanpa menggunakan judul dari kami. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat video yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan tips ini, anda tidak perlu mencari aplikasi tambahan atau expert untuk melakukannya karena dapat dilakukan secara gratis dengan cara yang mudah.

Perubahan format video dari landscape ke portrait merupakan kebutuhan yang sering diperlukan terutama di era teknologi saat ini dimana konten video dan gambar lebih banyak diakses melalui smartphone. Oleh karena itu, dengan mengubah format video sesuai dengan ukuran smartphone maka video dapat dilihat dengan nyaman dan memuaskan bagi penonton.

Jangan lupa, setelah mengubah format video landscape ke portrait anda perlu mengecek hasilnya apakah sudah seperti yang anda inginkan. Jika ada kesalahan, anda tetap dapat mengedit atau mengubah kembali dengan mudah menggunakan software editing video. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Beberapa orang sering bertanya tentang cara mudah mengubah video landscape ke portrait. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya:

  1. Bagaimana cara mengubah video landscape ke portrait?

    Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan video seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau iMovie untuk mengubah video landscape ke portrait.

  2. Apakah ada aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengubah video landscape ke portrait?

    Ya, ada beberapa aplikasi gratis yang dapat digunakan seperti Kapwing, Adobe Spark, atau Video Rotate.

  3. Apakah mengubah video landscape ke portrait akan mempengaruhi kualitas video?

    Tergantung pada aplikasi yang digunakan, tetapi umumnya mengubah video landscape ke portrait tidak akan mempengaruhi kualitas video.

  4. Bagaimana jika video yang ingin diubah sudah dipublish di platform media sosial?

    Anda harus mengunduh video dari platform media sosial tersebut terlebih dahulu, kemudian mengubahnya menggunakan aplikasi pengeditan video, dan akhirnya mengunggah kembali video yang sudah diubah.

Rama Satrya

Share
Published by
Rama Satrya

Recent Posts

8 Desain Jersey Bola Keren untuk Inspirasi

Dapatkan inspirasi dari 8 desain jersey bola terkeren, seperti Desain Jersey Code Skyline dan Desain…

1 month ago

Cari Game Penghasil Uang Sehari 100 Ribu? Disini Tempatnya!

Looking for a game that can earn you 100,000 a day? You're in the right…

2 months ago

Panduan Tata Cara Sholat Taubat Yang Benar

Discover the correct way to perform Sholat Taubat in our comprehensive guide. Learn about the…

2 months ago

Dapatkan Kumpulan Game PSP Ukuran Kecil,Koleksi Terbaik~

LAGIKEPO : Mencari koleksi game PSP kecil untuk menghibur Anda? Anda datang ke tempat yang…

2 months ago

Nostalgia dengan 7 Game Virtual Pet Android Mirip Tamagotchi

Nostalgia dengan 7 Game Virtual Pet Android Mirip Tamagotchi Ingat Tamagotchi? Perangkat kecil yang memungkinkan…

3 months ago

Ojol The Game : Serunya Menjadi Driver Ojek Online di Dunia Virtual

Ojol The Game : Serunya Menjadi Driver Ojek Online di Dunia Virtual LAGIKEPO - Di…

3 months ago