Categories: Tutorial

Cara Membuat Pena Stylus yang Mudah dan Murah

Anda sering merasa kesulitan saat ingin menulis atau menggambar menggunakan smart phone atau tablet karena layarnya yang kecil? Tenang saja, sekarang ini ada solusi yang bisa Anda coba yaitu membuat pena stylus sendiri yang mudah dan murah! Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang tersedia di sekitar kita, kamu bisa membuat pena stylus dengan kualitas yang tidak kalah dengan yang dibeli di toko.

Kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat pena stylus yang mudah dan murah. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti pensil, spidol, cotton bud, dan kawat logam. Langkah kedua adalah memotong pensil menjadi ukuran yang lebih pendek dan mengebor lubang di ujungnya, kemudian masukkan kawat melalui lubang tersebut sampai ke bagian dalam pensil.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan cotton bud ke dalam ujung pensil lalu mengaitkan spidol di ujung kawat logam yang sudah masuk ke dalam pensil, pastikan spidol terhubung dengan kawat secara erat. Terakhir, hapus kapas di ujung cotton bud sehingga terlihat kawat logam yang ada di ujung pensil. Setelah semua bahan terpasang, pena stylus buatanmu sudah siap digunakan.

Bagaimana, cukup mudah dan murah bukan membuat pena stylus? Yuk cobain cara ini untuk membuat pena stylus sendiri agar bisa leluasa menulis atau menggambar pada layar gawai kesayanganmu. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan keluarga yang membutuhkan.


“Cara Membuat Pena Stylus” ~ bbaz

Mengapa Anda Perlu Membuat Pena Stylus Sendiri?

Jika Anda sering menggunakan perangkat teknologi seperti tablet dan smartphone, maka memiliki pena stylus adalah keharusan. Namun, tida setiap orang memiliki anggaran untuk membeli pena stylus yang mahal. Oleh karena itu, membuat pena stylus sendiri menjadi pilihan yang bagus. Tidak hanya murah, tetapi juga mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah Anda.

Cara Membuat Pena Stylus yang Mudah dan Murah

Untuk membuat pena stylus, Anda memerlukan beberapa alat dan bahan seperti:

Alat/Bahan Keterangan
Q-Tips Menggunakan kapas sebagai ujung pena stylus
Kawat aluminium Ukuran standar digunakan sebagai badan pena stylus
Isolasi listrik Menghindari kawat aluminium bersentuhan dengan layar
Pedicure Spacers Bentuk menjadi pegangan pena stylus

1. Potong Kawat Aluminium

Pertama-tama, potong kawat aluminium sepanjang 4-5 inci. Kemudian, potong isolasi listrik sesuai panjang kawat aluminium. Tempelkan isolasi listrik di sepanjang kawat aluminium dan ratakan.

2. Bentuk Pedicure Spacers

Gunakan pedicure spacers untuk membentuk pegangan pena stylus. Potong spacers menjadi dua dengan pisau penggaris. Setelah itu, ambil setengahnya dan bentuk seperti pegangan pena stylus.

3. Gabungkan Kawat Aluminium dan Pedicure Spacers

Berikutnya, masukkan kawat aluminium ke dalam pedicure spacers yang sudah Anda bentuk. Pastikan kawat aluminium cocok di dalam pegangan dan ujung kawat cukup keluar dari pegangan agar bisa digunakan.

4. Tambahkan Kapas ke Ujung Pena Stylus

Tanggalkan kapas dari Q-tips. Tempelkan kapas ke ujung kawat aluminium. Pastikan kapas cukup tebal sehingga dapat membantu menjaga layar dari goresan dan juga menghindari goresan pada kapas ketika digunakan. Anda dapat menambahkan beberapa lapis kapas untuk meningkatkan sensitivitas pena.

5. Coba Pena Stylus Anda

Sekarang, pena stylus Anda siap digunakan. Ambil perangkat teknologi tercanggih Anda dan coba pena stylus baru Anda di dalamnya. Jika tidak sensitif, cobalah menambahkan lebih banyak kapas atau tekanan saat menggunakan pena stylus.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Pena Stylus Sendiri

Bagaimana Anda tahu apakah membuat pena stylus sendiri adalah langkah yang tepat? Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan pena stylus buatan sendiri.

Kelebihan

  • Murah
  • Mudah dilakukan
  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan sendiri

Kekurangan

  • Bahan buatan sendiri biasanya tidak tahan lama
  • Resiko goresan pada layar tetap ada
  • Sensitivitas mungkin kurang dibandingkan dengan pena stylus asli

Kesimpulan

Membuat pena stylus sendiri adalah cara yang mudah dan murah untuk menjadi lebih produktif dengan perangkat teknologi. Jika Anda membutuhkan stylus dengan sensitivitas yang lebih baik, maka membuat satu dari awal mungkin tidak cocok untuk Anda. Tetapi jika Anda mencari cara untuk menghemat uang dan ingin menyesuaikan pena Anda dengan preferensi Anda sendiri, maka ini adalah solusi tepat untuk Anda. Cobalah hari ini dan lihat apa yang dapat Anda buat!

Cara Membuat Pena Stylus yang Mudah dan Murah

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Pena Stylus yang Mudah dan Murah. Semoga informasi yang dijelaskan dapat berguna bagi Anda yang sedang mencari alternatif stylus murah namun berkualitas. Dalam membuat stylus tersebut, Anda tidak memerlukan biaya yang besar dan bahan-bahan yang sulit dicari. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin membuat stylus sendiri.

Tidak hanya itu, dengan membuat stylus sendiri, Anda juga dapat menghemat uang serta mendapatkan stylus yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selain itu, pembuatan stylus juga bisa menjadi aktivitas yang menarik, terutama bagi Anda yang hobi membuat barang elektronik orisinal.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk mencoba membuat stylus sendiri. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman Anda dalam membuat stylus melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih kembali!

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang tentang cara membuat pena stylus yang mudah dan murah adalah:

  1. Bagaimana cara membuat pena stylus dengan bahan yang mudah ditemukan?
  2. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat pena stylus?
  3. Apakah saya membutuhkan kemampuan khusus untuk membuat pena stylus?

Berikut adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut:

  • Cara membuat pena stylus yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan, seperti pensil atau pulpen, aluminium foil, kapas, dan duct tape. Caranya adalah dengan membungkus pensil atau pulpen dengan aluminium foil, lalu menambahkan kapas di ujungnya, dan terakhir menempelkan duct tape di sekitar ujung kapas.
  • Biaya yang dibutuhkan untuk membuat pena stylus sangat terjangkau, karena bahan-bahannya mudah didapatkan dan tidak memerlukan biaya yang besar. Hanya membutuhkan beberapa ratus hingga beberapa ribu rupiah saja.
  • Tidak perlu memiliki kemampuan khusus untuk membuat pena stylus, karena caranya sangat mudah dan sederhana. Cukup mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, maka pena stylus sudah bisa dibuat dengan mudah.
Rama Satrya

Share
Published by
Rama Satrya

Recent Posts

Jersey Bola Printing: 3 Ide Desain Terbaru

In 2024, jersey bola printing trends offer fresh design ideas to explore. The latest designs…

1 week ago

8 Desain Jersey Bola Keren untuk Inspirasi

Dapatkan inspirasi dari 8 desain jersey bola terkeren, seperti Desain Jersey Code Skyline dan Desain…

1 month ago

Cari Game Penghasil Uang Sehari 100 Ribu? Disini Tempatnya!

Looking for a game that can earn you 100,000 a day? You're in the right…

2 months ago

Panduan Tata Cara Sholat Taubat Yang Benar

Discover the correct way to perform Sholat Taubat in our comprehensive guide. Learn about the…

2 months ago

Dapatkan Kumpulan Game PSP Ukuran Kecil,Koleksi Terbaik~

LAGIKEPO : Mencari koleksi game PSP kecil untuk menghibur Anda? Anda datang ke tempat yang…

2 months ago

Nostalgia dengan 7 Game Virtual Pet Android Mirip Tamagotchi

Nostalgia dengan 7 Game Virtual Pet Android Mirip Tamagotchi Ingat Tamagotchi? Perangkat kecil yang memungkinkan…

3 months ago