10 Tips Cara Menentukan Smartphone Xiaomi

Diposting pada
Xiaomi Mi Mix 2 (Gambar Xiaomitoday.com)

Tak bisa dipungkiri, smartphone telah menjadi bab integral kehidupan kita sehari-hari. Sebagian besar dari kita hampir tidak bisa bertahan selama kurang lebih 12 jam tanpa smartphone kita. Namun, setiap orang berbeda-beda terhadap smartphone yang dibutuhkannya ada yang antusias terhadap spesifikasi kamera, baterai, prosesor dan lain sebagainya. 

Salah satu raksasa manufaktur China yakni Xiaomi merupakan salah satu perusahaan yang mempunyai semua jajaran smartphone yang mungkin Anda perlukan baik kelas low-end, mid-range ataupun flagship. Jika Anda ingin mempunyai smartphone Xiaomi yang diperlukan maka Anda harus mengetahui caranya.

Berikut 10 Tips menentukan smartphone Xiaomi

  1. Lakukan Pembelian di Waktu yang Tepat. Jika Anda benar-benar ingin membeli smartphone Xiaomi yang sempurna, maka pastikan Anda mengetahui perangkat yang akan datang. Alasannya sederhana, yakni harga ponsel yang akan dibeli kini mungkin beberapa hari atau ahad ke depan harganya akan turun alasannya sudah ada perangkat yang baru. Makara kalau mau beli yang gres sebaiknya beli pada dikala launching pertama atau tunggu beberapa bulan kemudian kalau mau menunggu alasannya harganya dipastikan akan turun. 
  2. Hardware Lama Tidak Selalu Usang. Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa ponsel yang sudah berumur satu tahun, hardware atau perangkat kerasnya sudah usang. Namun, hal ini tidak selalu benar. Ponsel menjadi lama oleh penggunaan dan bahkan model yang sangat gres pun bisa saja jadi lama alasannya penggunaan terus-menerus. Seperti prosesor Snapdragon 821 yang dibenamkan pada Xaomi Mi Note 2 bukanlah prosesor terbaru namun smartphone masih tetap mengatakan kemampuan yang maksimal. 
  3. Prosesor Lama Bukan Berati Ketinggalan Zaman. Prosesor andalan akan mengatakan performa yang mumpuni, tetapi ternyata prosesor kelas menang menyerupai Snapdragon 660 (Pada Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Mi Note 3) menunjukkan kinerja yang cukup baik bagi sebagian besar pengguna. Namun, kalau Anda seorang penggemar gamer berat dan membutuhkan kekuatan untuk bermain game maka memang Anda memerlukan ponsel Xiaomi yang mempunyai prosesor Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540. 
  4. Ukuran layarnya Disesuaikan Dengan Kebiasaan Anda. Jika Anda suka mengoperasikan smartphone Anda dengan satu tangan, maka Anda tentu membutuhkan perangkat atau smartphone yang berukuran kecil tidak lebih dari 5,5 inci, menyerupai Xiaomi Redmi 5A atau Mi 6 sudah cukup. Namun, kalau Anda memerlukan pengalaman pengguna yang lengkap untuk menikmati video dan game, maka Anda perlu memanfaatkan mode multiwindow di Android. Makara Anda memerlukan layar yang lebih besar menyerupai Xiaomi Mi Mix 2 yang berukuran 5,99 inci dengan rasio aspek 18: 9. 
  5. Tidak Harus Megapiksel Kamera Besar. Sebagian besar pengguna smartphone yang menyukai kamera yang besar dan sering disesatkan oleh besarnya megapiksel kamera. Sebenarnya nilai megapiksel tidak menjadi prioritas, perhatikan spesifikasi lain menyerupai aperture (cari angka yang lebih rendah) dan fitur khusus menyerupai dual lens dan optical image stabilization (OIS). Xiaomi Mi 6 merupakan sebagai salah satu smartphone Mi terbaik dalam hal kualitas kamera. Kameranya mempunyai Dual lens 12 MP (f / 1.8, 27nm, 1 / 2.9 “, 1.25 μm, axis 4 OIS) + 12 MP (f / 2.6, 52mm, 1 μm), zoom optik 2x, deteksi fasa autofocus, dual- LED dual-tone flash dan kamera keduanya mempunyai kemampuan 8 MP. 
  6. Stok Android Vs MIUI. Sampai dikala ini, penggemar Xiaomi tidak mempunyai pilihan lain selain memakai Sistem Operasi MIUI alasannya semua smartphone Xiaomi dilengkapi dengan sistem ini. Namun, hal itu telah berubah semenjak kedatangan Xiaomi Mi A1 yang memakai Stock Android dan akan memberi update Andriod terbaru. Jika Anda menyukai kustomisasi dan suka memakai banyak fitur yang menakjubkan menyerupai Dual App, Second Screen, Apps Vault, Quick Dial, Games Booster maka pilihannya yakni memakai MIUI. 
  7. Jangan Beli Lebih Dari Yang Anda Butuhkan. Smartphone flagship Xiaomi menyerupai Xiaomi Mi MIX 2, Mi 6 dan perangkat premium lainnya dijual dengan harga di kisaran Rp.6 – 9 jutaan. Namun, kalau Anda memerlukan smartphone Xiaomi yang tepat dengan anggaran terbatas maka pilihannya yakni Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi 4X atau Xiaomi Redmi 5A.
  8. Baterai Besar dan Pengisian Cepat. Masalah baterai menjadi problem tersendiri bagi pengguna smartphone. Sekarang banyak orang yang mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, dan mempunyai fitur pengisian cepat semoga tidak berlama-lama mengisi ulang. Xiaomi mempunyai Redmi 4X dengan Snapdragon 625 dengan kapasitas baterai yang bisa dibilang awet. Dengan smartphone ini, Anda bisa pergi selama 10 jam tanpa halangan. Namun, kalau Anda memerlukan layar yang lebih besar, Xiaomi Mi Max 2 dengan baterai Li-on 5300 mAh atau Xiaomi Mi Note 2 yang mempunyai layar berukuran 5,7 inci dengan baterai 4020 mAh (dengan pengisian cepat) dan bisa dipakai lebih dari 12 jam pemakaian.
  9. Opsi Penyimpanan Tidak Harus Besar. Sejujurnya, smartphone dengan memori kurang dari 32GB bukan berarti tamat dari segalanya. Jika Anda ingin merasa nyaman dikala bermain game, film, dan segala jenis multimedia, maka carilah opsi memori 32GB atau lebih. Tetapi kalau Anda mencari penyimpanan internal yang kurang dari 32GB maka tetapi dilengkapi dengan slot microSD maka pilihannya ada pada Xiaomi Redmi 5A, Redmi Note 5A, dan Redmi Y1. 
  10. Program Tukar Tambah. Ada beberapa toko offline atau online yang aktivitas tukar tambah dengan smartphone lama Anda dengan yang gres dengan harga diskon, kalau Anda mempunyai smartphone yang cukup jadul sehingga Anda tidak ingin menggunakannya lagi maka silakan Anda ganti dengan yang gres tetapi kalau mempunyai uang silakan membeli smartphone yang baru, menyerupai dikutip dari Xiaomitoday.com (02/03/2019). 
Mudah-mudahan tips menentukan smartphone Xiaomi ini bermanfaat untuk Anda semua.