10 Akuisisi Termahal Yang Dilakukan Oleh Google Dalam Satu Dekade

Diposting pada
Akuisisi Google

Akuisisi yaitu pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain. Akuisisi telah menjadi manuver yang signifikan bagi perusahaan yang sedang berlomba dengan perusahaan lain untuk mendapat pendapatan tertinggi. Hal ini menjadi tren bagi di sektor teknologi warta di mana perusahaan yang menyusun seni administrasi untuk meningkatkan kinerja dan meluncurkan lebih banyak produknya. 

Teori akuisisi dan perluasan dalam segala hal juga diterima dan dilakukan oleh raksasa mesin pencari Google. Dalam satu dekade (sepuluh tahun) terakhir, perusahaan teknologi ini telah menciptakan banyak akuisisi yang nilainya fantastis di sektor teknologi informasi. 

Berikut 10 Akuisisi Termahal yang dilakukan oleh Google dalam satu dekade : 

  1. Skybox Imagine. Dengan impian untuk memperoleh gambar dengan resolusi tinggi untuk observasi Bumi dari satelit, serta video definisi tinggi dan layanan analisis, Google mengakuisisi SkyBox Imagine dengan harga $ 500 Juta untuk Google Maps-nya. Perusahaan pencitraan satelit tersebut sanggup membantu mengatakan gambar terbaru dengan akurasi terbaik. 
  2. Dropcam. Dropcam dan Dropcam Wi-Fi Pro dan opsional Cloud Recording membantu menghubungkan Anda dengan orang-orang yang Anda cintai dari daerah yang jauh memakai perangkat pandai Anda. Akuisisi Google dari Nest Labs pada tahun 2019 diikuti dengan pembelian Dropcam untuk membantu pemilik mengawasi rumahnya. Akuisisi ini menciptakan Google harus merogoh kocek sebesar $ 555 Juta. 
  3. Postini. Layanan keamanan weba dan email ini diakuisisi oleh Google pada tahun 2007 dengan harga $ 625 Juta. Layanan ini awalnya dipakai oleh perusahaan untuk keamanan layanan email Google atau Gmail. Dengan maksud untuk meningkatkan pertumbuhan teknologi ini, lalu diakuisisi oleh Google. Namun, layanan ini dilarang pada tahun 2019. 
  4. ITA Software. ITA Software dikenal sebagi menyediakan solusi inovatif untuk industri perjalanan. ITA Software dipakai untuk mengatakan tiket pesawat pribadi sehingga menciptakan perjalanan yang gampang dan praktis. Perangkat lunak ini mempunyai kepentingan besar dalam pemesanan jasa perjalanan sehingga menarik Google untuk memperolehnya. Pada tahun 2010 seharga $ 700 Mn. Setelah akuisisi, Google Penerbangan diluncurkan. 
  5. AdMob. Platform iklan mobile ini diakuisisi oleh Google pada tahun 2009 dengan harga $ 750 juta. Sebelum mengakuisisi perusahaan ini, Google melihat internet mobile melihat pertumbuhan yang cepat dan memprediksi bahwa iklan mobile hal besar berikutnya, yang kesudahannya menciptakan Google melirik AdMob. 
  6. Waze. Aplikasi navigasi berbasis GPS diakuisisi oleh Google pada tahun 2019 dengan harga $ 996 Juta. Berfokus pada peningkatan pengalaman mengemudi, aplikasi ini yaitu membentuk komunitas driver. Keterlibatan pengguna dalam aplikasi ini memikat Google untuk memperoleh dan menyatukan dengan layanan lainnya. 
  7. Youtube. Walaupun aplikasi ini sudah usang terjadi tetapi merupakan salah satu akuisisi terbesar yang dilakukan oleh Google. Google harus merogoh koceknya dengan mengeluarkan dana sebesar $ 1,65 Miliar untuk memperoleh situs menyebarkan video ini. Situs ini memungkinkan penggunanya mengunggah video, menginspirasi dan menginformasikan kepada orang lain dengan konten asli. 
  8. DoubleClick. Iklan digital semakin diminati di masa yang akan datang, platform ini menghubungkan orang yang sempurna pada waktu yang tepat. Platform ini mengembangkan dan mengatakan layanan iklan online. Sehubungan dengan hal itu untuk mendapat lebih banyak eksposur di web dan muncul di ruang iklan online, Google mengambil alih perusahaan ini pada tahun 2007 senilai $ 3,1 Miliar. 
  9. NestLabs. Perusahaan otomatisasi rumah ini diakuisisi pada $ 3,2 Miliar menjadikannya akuisisi terbesar kedua Google. Perusahaan mengembangkan sensor kemudi, serta memungkinn Wi-Fi-enable yang sanggup memngetahui termostat dan mendeteksi asap untuk menciptakan rumah pintar. Dengan maksud untuk mencapai basis pengguna yang lebih luas, Google mengambil alih perusahaan ini pada tahun 2019. 
  10. Motorola. Akuisisi perusahaan telekomunikasi multinasional menandai janji terbesar dalam ruang teknologi. Diakuisisi oleh dengan mengeluarkan dana sebesar $ 12,5 Miliar, jauh diatas perusahaan-perusahaan lain yang diakuisisi oleh Google lainnya. Namun, perusahaan ini tidak menuai laba bagi Google dan dijual kembali ke Lenovo dengan harga $ 2,21 Miliar.